Terbaru

Pemimpin Seperti Apakah yang Ideal Memimpin Nias Barat Selama 5 Tahun ke Depan

Oleh: Oloheta Waruwu


Menjelang pemilihan kepala daerah Kabupaten Nias Barat pada bulan Desember 2020, sebagian masyarakat masih belum mengerti kriteria pemimpin yang diharapkan atau ideal untuk memimpin Nias Barat. Pilihan kita akan menentukan nasib kita untuk lima tahun ke depan.


Sebelum kita menentukan siapa yang akan kita pilih, alangkah lebih baik kita harus tahu kriteria pemimpin yang ideal yang mampu membawa perubahan dalam segala aspek pembangunan di wilayah Nias Barat.


Berbicara tentang sosok pemimpin ideal yang diharapkan masyarakat maka terlintaslah dalam pikiran kita bahwa pemimpin yang ideal adalah pertama-tama harus takut akan Tuhan dan melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas.


Pemimpin yang memiliki visi yang jelas, berintegritas, cerdas, dan memiliki komitmen dan totalitas dalam bekerja. Selanjutnya pemimpin yang diharapkan adalah pemimpin yang mampu membaca, merasakan apa yang dibutuhkan masyarakatnya dan berusaha mencari cara solusi yang tepat atas permasalahan yang ada di masyarakat. Pemimpin yang diharapkan juga harus berorientasi pada tindakan bukan hanya pada janji-janji manisnya.


Terkadang pada saat menjelang pemilihan, calon-calon kandindat memberikan janji-janji manis kepada masyarakat agar mereka dipilih oleh masyarakat. Namun yang perlu kita pahami sebagai masyarakat Nias Barat apakah calon pemimpin tersebut mampu memegang teguh janji-janjinya dan mewujudkan janji tersebut lewat tindakan nyata. Inilah yang sering kali ditunggu-tunggu masyarakat dari seorang pemimpin, bukan hanya pada janji-janji manisnya tapi lewat tindakan nyata dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat di Nias Barat


Tindakan (action) merupakan wujud nyata yang diharapkan dari seorang pemimpin. Jika seorang pemimpin menginginkan perubahan yang besar maka perlu dilakukan action yang besar dalam kepemimpinannya. 


Lalu, aspek apa saja yang diinginkan masyarakat dalam kepemimpinan di Nias Barat 5 tahun ke depan adalah kepemimpinan yang kuat diberbagai aspek meliputi aspek pembangunan ekonomi, pembangunan SDM, pembangunan kesehatan, pembangunan infrakstruktur yang merata antara wilayah, pemerintahan yang bersih dan transparan serta mengutamakan kepentingan masyarakat.


Pencapaian tujuan dari berbagai aspek pembangunan tersebut di atas sangat ditentukan gaya dan kualitas pribadi pemimpinnya. Seorang pemimpin diharapkan selalu menyesuaikan dengan situasi  dan kondisi daerahnya. 


Seorang pemimpin yang ideal juga harus memiliki etika moral yang baik dan bijaksana untuk digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan amanah kekuasaan yang diembannya.


Pemimpin haruslah seseorang yang visioner, menginginkan perubahan, memiliki jejak baik dan mau melayani masyarakat dengan hati yang tulus.


Tulisan di atas merupakan sebuah opini dari penulis. 

Iklan

Loading...
loading...