Terbaru

Satu orang ASN di Kantor Camat Hiliduho Positif Covid-19

Bupati Nias selaku ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Nias saat konferensi pers |Foto: istimewa 
Gunungsitoli,- Satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Pemerintah Kabupaten Nias dan berkantor di Kantor Kecamatan Hiliduho, dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil Swab Tes RSUD Gunungsitoli.

Hal tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nias Sokhiatulo Laoli kepada sejumlah wartawan saat menggelar konferensi pers di kantor Bupati Nias, Rabu (26/08/2020).

ASN yang positif Covid-19 tersebut adalah berinisial WW (40) jenis kelamin laki-laki. Sesuai KTP, WW adalah warga desa Ononamolo I Botomuzoi, Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias.

"Berdasarkan hasil Swab tes, WW positif Covid-19 dengan gejala dan penyakit penyerta," ujar Sokhiatulo.

Sokhiatulo menjelaskan sesuai hasil penyelidikan awal bahwa yang bersangkutan sejak tanggal 18 sampai dengan tanggal 21 Agustus 2020 telah dirawat di rumah sakit umum daerah Gunungsitoli karena menderita suatu penyakit. 

Namun pada tanggal 21 Agustus 2020 pasien keluar dari rumah sakit dengan alasan untuk melakukan pengobatan tradisional di kampung atau di rumahnya. Selanjutnya pada tanggal 22 Agustus 2020 pasien di bawa keluarga berobat ke rumah sakit umum Bethesda dan sesuai prosedur dilakukan pemeriksaan rapid test sebanyak 2 kali dan hasilnya reaktif. 

"Karena hasil rapid test reaktif maka pihak rumah sakit umum Bethesda tidak jadi merawat. Pasien menganjurkan kepada keluarga untuk membawa ke UPTD RSUD Gunungsitoli untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut," tuturnya. 

Namun pada saat itu penderita tidak langsung dibawa keluarga berobat di UPTD RSUD Gunungsitoli melainkan pulang ke rumah. 

Pada hari Senin 24 Agustus 2020, pada dini hari penderita kembali dibawa berobat di RSUD Gunungsitoli karena keadaan umum pasien lemah dan sesak. 

Di UGD RSUD Gunungsitoli penderita mendapatkan perawatan pengobatan dan dianjurkan untuk dilaksanakan pengambilan swab nasofaring dan pemeriksaan covid 19. 

"Hari Selasa 25 Agustus 2020 telah dilaksanakan pengambilan swab nasofaring untuk pemeriksaan covid - 19 menggunakan TCM (tes cepat molekuler) dengan hasil positif covid - 19. 

"Saat ini pasien diisolasi dan dirawat di RSUD Gunungsitoli kabupaten nias," ungkapnya. 

Ditambahkannya, Sesuai hasil wawancara dengan keluarga bahwa yang bersangkutan tidak ada riwayat perjalanan ke luar daerah dan tidak ada juga keluarga yang baru kembali dari luar daerah. 

"juga tidak ada riwayat kontak dengan orang-orang yang telah terkonfirmasi positif di Kepulauan Nias selama dua minggu terakhir. Yang bersangkutan hanya beraktivitas atau beristirahat atau berobat di rumah di rumah saudara di desa hilina'a Kecamatan Gunungsitoli dan di RSU Gunungsitoli dan RS Bethesda," tambahnya. 

Langkah selanjutnya yang dilaksanakan oleh gugus tugas adalah pasien diisolasi dan dirawat di RSUD Gunungsitoli karena termasuk kategori atau ada gejala demam batuk dan sesak serta ada penyakit penyerta. 

" Gugus tugas melakukan tracking dan rapid test terhadap keluarga dan orang-orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan khususnya di kantor camat Hiliduho dan warga desa ononamolo 1 Bot, Kecamatan Hiliduho," tambahnya. (Budi Gea) 

Iklan

Loading...
loading...