Terbaru

Daftar Penerima BLT Berubah, Penyaluran Tetap Dilaksanakan di Desa Siofabanua

Penyaluran BLT di Desa Siofabanua |Foto: Andi Hulu

Nias Selatan, - Pemerintah Desa (Pemdes) Siofabanua, Kecamatan Mazo, Kabupaten Nias Selatan membagikan Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap kedua kepada 56 Kepala Keluarga (KK) yang dilaksanakan di Kantor Desa setempat, Jumat (09/09/2020) pagi. 


Dalam keterangannya, Kepala Desa Siofabanua, Asa’aro Hulu mengatakan, pembagian Bantuan Langsung Tunai tersebut diberikan kepada warga yang memang layak mendapatkannya sebagai dampak dari pandemi COVID-19. 


Dikatakannya pada tahap pertama (April, Mei, Juni) jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai sebanyak 54 keluarga tetapi pada tahap kedua (Juli, Agustus, September) berdasarkan klarifikasi data satu orang telah di keluarkan dari penerima BLT karena telah terdaftar di BST, sehingga jumlah penerima tinggal 53. 


"Dari  jumlah 53 penerima Bantuan Langsung Tunai pada tahap kedua ini telah ditambahkan sebanyak 3 keluarga sehingga total penerima 56 keluarga. Yang menjadi alasan pemerintah Desa menambahkan ketiga keluarga ini ialah karena keluarga ini baru pulang dari seberang kembali ke Desa. Pada tahap kedua setiap keluarga menerima BLT sebesar tiga ratus ribu rupiah," jelas Asa’aro.


Sementara dalam sambutan, Camat Mazo, Fotuho Laia menyebutkan bahwa pihaknya tidak bisa mengintervensi ketika adanya perubahan daftar penerima BLT tersebut.


"Berdasarkan musyawarah bersama para Tokoh Masyarakat dan Pemerintahan Desa Siofabanua tentang penambahan jumlah keluarga yang baru ditambah sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai, maka kami dari pemerintahan tingkat kecamatan tidak bisa menolak. Data yang telah diklarifikasi dari Desa kami tetapkan,"tutur Fotuho.


Dia juga menghimbau kepada seluruh Masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan kewaspadaan terhadapa penyebaran wabah Virus Corona yang sedang melanda khususnya Pulau Nias dikarenakan Pulau Nias sudah menjadi zona merah mulai bulan Juli Lalu. 


"Kita tetap Pakai Masker, Cuci Tangan dan jangan sering-seing keluar Rumah," himbaunya.


Selanjutnya pada sambutannya Babinsa, A. Sarumaha juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang menerima Bantuan Langsung tunai tersebut agar dapat digunakan dan diprioritaskan pada kebutuhan utama keluarga.


Pembagian BLT ini langsung dikawal oleh Aparat TNI (Tentara Nasional Indonesia) juga turut hadir Camat Mazo, BPD, Perangkat Desa Mazo, Tokoh Masyarakat dan seluruh Masyarakat Penerima Bantuan Langsung Tunai. (Andi Hulu)

Iklan

Loading...
loading...