Terbaru

Eliyunus Waruwu Kembali Blusukan Menemui Petani di Sawah

Eliyunus Waruwu saat temui petani di sawah |Foto: istimewa

Gunungsitoli,- Calon Bupati Nias Barat, Eliyunus Waruwu nomor urut 2, kembali melakukan blusukan dengan menemui para petani yang tergabung dalam beberapa Kelompok Tani di persawahan Taro'ofi dan Bawazukhu yang berlokasi di Desa Gunung Baru Kecamatan Moroo, Kabupaten Nias Barat, Selasa, (13/10/2020).


Eliyunus Waruwu didampingi Ketua Tim Pemenangan Zemi Gulo dan mantan anggota DPRD Ama Bora Gulo bersama rombongan berjalan kaki kurang lebih 1 KM ketengah persawahan menemui Petani yang tengah menunggu kedatangan Eliyunus Waruwu.


Sesampainya di Lokasi, Eliyunus disambut sekelompok Ibu-ibu petani sambil membawakan kue ulang Tahun memberikan Surprise kepada Eliyunus yang berulang Tahun pada 8 Oktober yang lalu.


Ketua Kelompok Tani Sejalan, Ratieli Gulo di persawahan Taroofi dan Bawazukhu menyampaikan bahwa warga yang menggarap sawah di Bawazukhu dan Taroofi berasal dari berbagai Desa diantaranya Desa Gunung Baru, Sidua Hili, Hilifadolo Tetehosi dan Zuzundao.


Para Petani semangat menyambut Eliyunus karena fokusnya apabila terpilih adalah agar petani dapat sejahtera dan menaruh harapan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian, meskipun selama ini cukup banyak masalah yang mereka hadapi oleh karena sumber daya dan juga perhatian dari Pemerintah masih kurang.


"Potensi luas lahan kurang lebih 60 hektar, dan kendala yang kami hadapi masalah pengairan dan keterbatasan Aalsinta sehingga mengakibatkan tidak merata waktu musim tanam karena kekurangan alsinta," Kata Retieli ketua, kelompok tani.


Retieli mengatakan sesungguhnya apabila ada rencana membangun  irigasi persawahan Taroofi dan Bawazukhu memiliki sumber air yang potensial, sehingga lewat momen ini, mereka menaruh harapan kepada Eliyunus Waruwu yang fokus tentang pertanian.


"Kami tertarik karena Elmar fokus untuk pertanian, sehingga menyentuh kehidupan kami dan  kami memutuskan mendukung Elmar," Kata Retieli disambut tepu tangan Ibu-Ibu.



Koordinator pemenangan Elmar di Kecamatan Moroo, Ama Joli Waruwu yang turut mendampingi Wliyunus pada kegiatan blusukan, menjelaskan bahwa Ia sangat ingin adanya perubahan terlebih kesejahteraan petani, meskipun ia sekampung dengan rival Elmar, tapi Ia memutuskan mendukung Elmar.


"Begini-begini saja keadaan, makanya saya memutuskan mendukung bapak Elliyunus agar ada perubahan, selain itu khusus dibidang pertanian bapak Eliyunus ini mengerti masalah pertanian, beliau mengajari kita bertani yang benar. mungkin selama ini ada yang meemberi contoh menanam padi disawah yang tidak ada air, itu contoh yang salah," Pungkas Ama Joli.


Eliyunus pada kegiatan blusukan tersebut, mengungkapkan alasannya mengapa sering blusukan ke sawah. 


"Karena Visi Misi kami fokus utama ke masalah pertanian, sehingga kami harus melihat kondisi untuk menyesuaikan dan memastikan dengan konsep yang sudah direncanakan," terang Eliyunus.


Dengan turun kelapangan Ia mengatakan dapat melihat masalah yang spesifik yang dihadapi petani.


"Kemarin saya ke sawah Ba'a dan Laza Zikho di Mandrehe Barat, permasalahannya berbeda dengan apa yang dihadapi petani di persawahan Bawa Zukhu dan Taroofi ini. Kalau saya tidak turun langsung kelapangan, bagaimana kita mengerti kondisi yang sebenarnya untuk dijadikan kebijakan kedepan," kata Eliyunus.


Eliyunus memastikan kedepan harus jelas luas persawahan tiap petani, sehingga dapat direncanakan apa saja kebutuhan seperti benih, pemupukan dan sebagainya. Sehingga hasil produksi petani semakin meningkat dan membawa kesejahteraan. (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...
loading...