Terbaru

Galian C Merajalela, Jembatan Lahomi di Nias Barat Terancam Ambruk

Kondisi di bawah jembatan Lahomi |Foto: Eksaudin

Nias Barat,- Jembatan Lahomi yang dibangun sejak Tahun 2016 lalu terancam ambruk karena maraknya Galian C di sekitar lokasi jembatan.


Kurang dari 50 meter dari lokasi jembatan, terpantau aktivitas masyarakat mengumpulkan batu dan pasir untuk dijual sebagai bahan material. Sesekali mobil Truk pengangkut bahan material tampak langsung menuju pinggir sungai mengambil Pasir Sirtu.


Pantauan Wartanias.com, senin, 5 Oktober 2020, tidak jauh dari abdument jembatan sekitar 50 meter terlihat 7 batang pohon kelapa yang sudah tumbang kedalam sungai diakibatkan penggalian pasir secara terus menerus.


Diperkirakan, apabila pengambilan pasir dan batu didekat jembatan Lahomi tidak segera dihentikan, maka jembatan Lahomi dalam waktu dekat akan roboh.


Seorang warga di sekitar, Santo  yang kebetulan melintas di jembatan tersebut mengaku prihatin melihat keadaan sekitar jembatan. Ia meminta Pemerintah segera menertibkan galian C itu, karena dapat merusak jembatan tersebut.


"Ini cukup berbahaya, kalau terus seperti begini, dipastikan jembatan ini tidak akan bertahan. Semoga Pemerintah Nias Barat segera melakukan kegiataan penertiban, untuk menyelamatkan jembatan Lahomi ini," harapnya. 


Hingga saat ini, wartanias.com sedang berupaya melakukan konfirmasi kepada pemerintah daerah setempat. (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...
loading...