Terbaru

Bawaslu Nias Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Kepada Ormas dan Media

Bawaslu Nias saat Sosialisasi |Foto: istimewa

Nias, - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Media Cetak  atau Media Online dan berlangsung di di Gedung Howu-howu Kecamatan Gido, Kamis (19/11/2020).

Anggota Bawaslu Kabupaten Nias, Warling Telaumbanua dalam keterangannya saat membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan bahwa sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan fungsi pengawasan pada tahapan-tahapan pemilu di Kabupaten Nias.  

"Jika hanya Bawaslu yang melakukan pengawasan proses Pilkada di Kabupaten Nias, maka sepertinya proses pengawasan tidak akan berjalan dengan efektif. Oleh karena itu, Bawaslu Nias memiliki strategi yakni merangkul berbagai pihak termasuk Ormas dan awak Media untuk meningkatkan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Nias," terang Warling. 

Lebih jauh Warling berharap agar pada kegiatan tersebut, peserta dapat berinteraksi dan bertukar pikiran dengan narasumber (Abineri Gulö dan Atius Waruwu) yang telah didatangkan oleh pihak Bawaslu Kabupaten Nias.

"Kita berharap agar nantinya kita dapat bertukar pikiran dengan bapak-bapak narasumber guna menggali informasi terkait fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Nias. Kita juga berharap tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih dapat meningkat," harapnya. 

Sementara dalam materi yang disampaikannya, Atius Waruwu mengatakan bahwa terkait pengawasan, ada ditemukan beberapa masalah yang sering terjadi diantaranya rendahnya kesadaran masyarakat dalam melakukan pengawasan, rendahnya pemahaman masyarakat terhadap fungsi pengawasan serta minimnya jaminan keamanan bagi masyarakat yang melakukan pelaporan terhadap suatu pelanggaran pada tahapan Pilkada. 

Dalam materinya itu, Atius juga lebih memaparkan tentang fungsi pengawasan pada saat pelaksanaan pemilihan umum di masa Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum ada tanda-tanda berakhir. Untuk itu dia berharap semua pihak dapat berpartisipasi dalam pengawasan tahapan tersebut guna memutus penyebaran Covid-19.

Sementara dalam materi yang disampaikannya, Abineri Gulö yang juga merupakan salah seorang mantan Ketua KPU Kabupaten Nias mengatakan bahwa kehadiran Ormas dan awak Media sangat berpengaruh terhadap proses pelaksanaan tahapan Pilkada di Kabupaten Nias. Pengawasan dan penyajian informasi menurut dia merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam mewujudkan dan menyukseskan Pilkada Kabupaten Nias. 

Seterusnya, Abineri juga menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat pada saat menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi yang akan digelar pada 09 Desember tahun 2020 di Kabupaten Nias. 

Dia juga menyebutkan ada beberapa hal yang penting untuk diawasi dan juga harus dihindari seperti kampanye terselubung, termasuk politik uang (Money politic) yang menurut dia sangat merusak sendi-sendi kehidupan manusia. 

Untuk itu dia berpesan agar dari beberapa materi yang telah disampaikan, kiranya dapat menjadi acuan dalam melaksanakan pengawasan partisipatif pada tahapan-tahapan pemilu di Kabupaten Nias. 

Kegiatan sosialisasi tersebut pun terlihat berjalan dengan baik dan sukses serta dihadiri oleh sejumlah peserta yang berasal dari ormas, organisasi kepemudaan, organisasi Kemahasiswaan dan sejumlah awak Media. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...