Terbaru

Ingati Nazara: AKNIRA Itu Banyak Diplintir Dengan Masalah Politik

Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara Ingati-Otorius |Foto; istimewa 

Nias Utara,- Calon Bupati Nias Utara nomor urut 1 M Ingati Nazara mengatakan bahwa kasus Akademi Komunitas Negeri Nias Utara sudah diplintir dengan masalah politik.

Hal itu disampaikan Ingati Nazara diatas panggung debat publik antar Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara yang digelar oleh KPU Nias Utara di Aula Oseda, Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara beberapa waktu lalu.

"Masalah AKNIRA Itu, biar saudara tau saya mau mengatakan ini, Aknira ini banyak di plintir dengan masalah politik," ujar Ingati saat menanggapi Calon Bupati Paslon urut 2 Amizaro.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah  Daerah ada batasan-batasan kewenangan khususnya masalah pendidikan di Nias Utara.

"Ini berani saya mau katakan, itu dari awal sudah saya sampaikan tadi, Pendidikan Paud, SD dan SMP itu kewenangan pemerintah daerah. SMK atau SMA itu kewenangan dari Pemerintah Provinsi dan begitu juga Perguruan Tinggi adalah kewenangan dari pada pemerintah pusat," tegasnya.

Ia menjelaskan bahwa Pemda Nias Utara dibawah kepemimpinannya saat jadi Bupati bukan tidak mau mengurus Kampus AKNIRA di Nias Utara itu. Tetapi karena terbatas dengan kewenangan yang ada.

"Ini bukan berarti pemerintah tidak ambil bagian bagaimana menyukseskan dari pada Aknira ini. Contohnya 2 tahun anggaran terakhir ini selalu kami berikan untuk itu," tegasnya.

"Jadi saya melihat bahwa Aknira ini seperti yang disampaikan bahwa harus diubah menjadi PSDKU dan segala macam dan itu tidak segampang membalikkan telapak tangan," tambahnya yang ingin menjelaskan lebih rinci tapi terbatas dengan masalah waktu yang disediakan oleh moderator. 

Paslon Ingati-Otorius berharap masyarakat Nias Utara tetap bijak dalam menggunakan hak pilihannya demi kemajuan Nias Utara kedepan dengan memilih Paslon Nimor urut 1 di TPS pada 09 Desember 2020 mendatang. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=