Terbaru

KPU Nias Barat Gelar Simulasi Putungsuara dan Penggunaan Sirekap

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS Nias Barat |Foto: istimewa

Nias Barat,- Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Barat telah melaksanakan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara (Putungsura) dan penggunaan Aplikasi Sistik Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang dilaksanakan di Gereja ONKP Yerusalem Onolimbu, Sabtu, (21/11/2020) lalu.

Komisioner KPU Nias Barat Famataro Zai Divisi Teknis menjelaskan bahwa penggunaan Aplikasi Sirekap ini akan memudahkan perhitungan Suara dan dapat dengan cepat diketahui Publik.

"SIREKAP merupakan sisitem baru yang memudahkan, langsung  dengan situs KPU Pusat, mobile sirekap ditingkat KPPS dan Web Sirekap di tingkat kecamatan," Kata Famataro.

Ini memudahkan dan mempercepat dan meminimalisir kecurangan karena link ke Situs KPU dan dapat di Akses Masyarakat. 

Pada pelaksanaan Simulasi Putungsura itu, semua Petugas PPS dan KPPS beserta pihak Keamanan menggunakana APD lengkap.

Untuk mematuhi Protokol Kesehatan pada hari H Pemungutan suara di TPS diwajibkan disemprot dengan disinfektan dan untuk pemilih yang suhu tubuh 37.3 derajat keatas disediakan bilik khusus pencoblosan. Pemakaian tinta juga dilakukan dengan cara ditetes. 

Upaya menghindari kerumunan, KPPS didalam surat pemberitahuan atau dulu namanya C6, telah membagi kehadiran pemilih berdasarkan nomor urut dan sesuai dengan jam yang telah diatur sedemikian oleh KPPS.

Famataro Zai, menghimbau kepada masyarakat Nias Barat, agar masyarakat menggunakan Hak pilihnya dan tidak ragu datang ke TPS karena KPU menjamin pelaksanaan dengan Protokol Kesehatan.

"Harapannya, agar masyarakat jangan takut ke TPS,  karena pemilihan kali ini dipastikan aman dari Covid-19 karena dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, harap pemilih datang sesuai jadwal untuk menghindari kerumuman," Harap Famataro Zai. (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...
loading...