Terbaru

Ribuan Petani Di Kota Gunungsitoli Akan Dapat Kartu Tani Dari Pemko Gusit


Gunungsitoli,- Rangkaian kegiatan hari jadi ke-12 Kota Gunungsitoli resmi dibuka oleh Pjs. Walikota Gunungsitoli Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si bertepatan dengan kegiatan penyerahan kartu tani dan bantuan sarana produksi pertanian kepada para petani bertempat di Hamparan Sawah Kelompok Tani Fajar di Desa Tetehosi Afia Kecamatan Gunungsitoli Utara, Selasa (10/11/2020). 


Dalam kegiatan tersebut Pjs. Walikota Gunungsitoli secara simbolis menyerahkan kartu tani dan bantuan sarana produksi pertanian seperti handtraktor, benih padi, pupuk dan pestisida kepada para petani. 



Kartu tani yang diserahkan tersebut nantinya akan diterima oleh 5.377 petani yang tersebar di wilayah Kota Gunungsitoli. 


Pada kesempatan tersebut Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si juga menyerahkan secara simbolis bantuan masker kepada para petani yang berasal dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara. 


Selanjutnya di tempat yang sama ia bersama dengan Forkopimda Kota Gunungsitoli melakukan panen padi di hamparan sawah kelompok tani Fajar. 


Dalam laporan Asisten Sekda Kota Gunungsitoli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Arham Dusky Hia selaku Ketua Panitia Hari Jadi Ke-12 Kota Gunungsitoli menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan acara pembukaan dalam rangkaian kegiatan perayaan hari jadi ke-12 Kota Gunungsitoli dengan puncak acara yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2020.


“Dalam rangka hari jadi Kota Gunungsitoli, pada hari ini kita melakukan integrasi dengan Dinas Pertanian dalam hal penyerahan kartu tani. Kartu tani ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian sebagai alat kendali untuk memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi kepada petani dengan prinsip tepat harga, tepat mutu, tepat waktu dan tepat tempat,” ujarnya.

 

Lebih lanjut Arham Dusky Hia melaporkan bahwa Hari Jadi Ke-12 Kota Gunungsitoli akan diisi dengan berbagai kegiatan lainnya seperti kegiatan Pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama dalam rangka sosialisasi dan intensifikasi kebiasaan baru, Lomba iklan layanan masyarakat, Talkshow Gunungsitoli Menyapa, dan puncak acara dilakukan dalam bentuk upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Gunungsitoli. 


Sementara itu dalam arahan dan bimbingannya, Pjs. Walikota Gunungsitoli Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si mengharapkan dengan adanya kartu tani dan bantuan sarana produksi pertanian tersebut, para petani dapat mempergunakannya dengan sebaik-baiknya serta terus meningkatkan produktivitas secara berkesinambungan. 


“Selanjutnya kepada Dinas Pertanian dan petugas penyuluh pertanian supaya bekerja keras untuk memaksimalkan pertumbuhan pembangunan pertanian dengan menjalin kerjasama yang baik dengan petani dan juga berbagai lembaga lainnya yang dapat memberikan kontribusi pada kemajuan pertanian di Kota Gunungsitoli,” katanya.


“Seiring dengan perayaan hari jadi ke-12 Kota Gunungsitoli tahun 2020, saya mengajak kita semua untuk terus berupaya dan bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang dibarengi dengan peningkatan kualitas upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dan pemerataan penyelenggaraan pembangunan, yang bermuara pada pencapaian Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing serta memberi manfaat bagi seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli,” tambahnya. (Budi Gea)


Iklan

Loading...
loading...