Terbaru

Ada Sekelompok Orang Yang Tidak Dapat Di Vaksinasi Covid-19 Di Kabupaten Nias


Nias, - Ada sekelompok masyarakat di Kabupaten Nias yang tidak dapat divaksinasi Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias, Martin Luther Harefa dalam pertemuan yang digelar di ruang serbaguna Kantor Bupati Nias lantai III, Kamis (04/02/2021).

"Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, ada juga kelompok orang atau masyarakat yang tidak dapat di vaksin yakni pernah terkonfirmasi menderita Covid-19, Ibu hamil dan menyusui, menjalani terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, penderita penyakit jantung," paparnya. 

Selanjutnya, penderita penyakit ginjal; penderita penyakit autoimun (lupus, sjogren, vasculitis); penderita reumatik autoimun; penderita penyakit saluran pencernaan kronis; penderita penyakit hipertiroid; penderita penyakit kanker, kelainan darah, defisiensi imun, penerima tranfusi; penderita gejala ISPA (batuk, pilek, sesak nafas) dalam tujuh hari terakhir sebelum vaksinasi; penderita diabetes melitus; penderita HIV; penderita penyakit paru (asma, tuberkolosis).

"Efek samping yang ditimbulkan hampir sama dengan vaksin lain, yakni efek lokal; kemerahan, bengkak, nyeri di daerah suntikan, sedangkan efek sistemik; demam dan sakit kepala. Dan hingga saat ini, belum terdapat laporan efek samping yang serius," jelasnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=