Terbaru

Desa Sisobahili II Tanőse'ő Sebagai Desa ODF Pertama di Kota Gunungsitoli

Camat Gunungsitoli Selatan Yafet  K Bu’ulolo |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Desa Sisobahili II Tanose’o dideklarasikan sebagai Desa ODF (Open Defecation Free) pertama di Kota Gunungsitoli. Kegiatan pendeklarasian tersebut dibuka secara langsung oleh Camat Gunungsitoli Selatan Yafet K. Bu’ulolo, SSTP, M.A.B dan dilaksanakan di Kantor Desa Sisobahili II Tanose’o Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kamis (11/02/2021). 

Kegiatan pendeklarasian tersebut ditandai dengan pembacaan teks deklarasi stop buang air besar sembarangan oleh Sekretaris Desa Sisobahili II Tanose’o dan diikuti oleh masyarakat Desa Sisobahili II Tanose’o. 

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi ODF oleh masyarakat Desa Sisobahili II Tanose’o dan diikuti dengan penandatanganan oleh Camat Gunungsitoli Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Kepala Desa Sisobahili II Tanose’o dan Kepala UPTD Puskesmas Gunungsitoli Selatan. 

Camat Gunungsitoli Selatan Yafet K. Bu’ulolo, SSTP, M.A.B dalam arahan dan bimbingannya menyatakan apresiasinya atas keberhasilan Desa Sisobahili II Tanose’o sebagai desa pertama di Kota Gunungsitoli yang bisa bebas dari buang air besar sembarangan (BABS). 

“Desa Sisobahili II Tanose’o ini telah mengukir sejarah yang merupakan satu-satunya Desa di Kota Gunungsitoli yang sudah bisa bebas dari buang air besar sembarangan atau yang disebut dengan ODF. Dan kami rasa inilah desa yang akan mempelopori semua desa di Kota Gunungsitoli nantinya untuk bisa menjadi desa-desa ODF berikutnya,” ujar Camat Gunungsitoli Selatan. 

Ia berpesan kepada Kepala Desa dan warga desa Sisobahili II Tanose’o agar program ODF tersebut tidak berhenti setelah pelaksanaan deklarasi namun tetap berkesinambungan dan dapat terus dijaga. 

“Bagi rumah-rumah tangga yang baru membangun rumah agar selalu dihimbau dan diingatkan untuk senantiasa membangun jamban sehat beserta kelengkapan-kelengkapannya,” ungkapnya.

Camat Gunungsitoli Selatan menyerahkan Sertifikat Penghargaan dari Walikota Gunungsitoli kepada Kepala Desa Sisobahili II Tanose’o sebagai tanda apresiasi dengan raihan prestasi yang luar biasa dengan predikat Desa ODF. (Red)

Iklan

Loading...
loading...