Terbaru

Pemandian Air Panas Mbomboaukhu Di Kabupaten Nias Aktif Kembali


Nias, - Lama tidak berfungsi, destinasi Wisata Pemandian Air Panas Mbomboaukhu Di Kabupaten Nias aktif kembali setelah direnovasi, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Nias yang ditandai dengan pelaksanaan acara peresmian dan berlangsung di Desa Oladano Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias. Sabtu (13/02/2021).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Kharisman Halawa dalam laporannya menyampaikan, jika kegiatan yang dilaksanakan pada saat itu adalah sebagai tanda bahwa destinasi wisata pemandian air panas Mbomboaukhu yang telah bekerja kembali dan siap menerima kunjungan wisatawan.

Sementara Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa setelah pasca gempa pada Tahun 2005, sarana dan prasarana permandian air panas Mbomboaukhu tidak dapat berfungsi seperti sebelumnya, dan puncaknya pada tahun 2014.

"Pada tahun 2017 yang lalu, saya MOU dengan Rektor Institut Teknologi Bandung dengan menugaskan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias untuk menindaklanjutinya dalam perjanjian bentuk kerja sama pada kegiatan riset dan pengeboran dalam dan ada akhir tahun 2019 penelitian tersebut membuahkan hasil usai melakukan pengeboran sumur dalam dengan kedalaman sekitar 202 meter, dan mengalirkan udara panas tersebut ke dalam kolam dengan suhu 41 derajat celsius," paparnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...