Terbaru

Dipimpin Presiden Jokowi, Pemko Gunungsitoli Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Suasana upacara hari lahir Pancasila di Pemko Gunungsitoli |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, SE., M.Si bersama Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara daring di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Selasa (1/6/2021).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Bogor dengan Tema "Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh".

Dalam pidatonya, Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa dan bernegara.  

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang Republik Indonesia berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan, yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antara pandangan, rivalitas antara nilai-nilai.

Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik kaum profesional generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan bersama. 

"1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan dalam bernegara walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan," ucapnya.

Mengakhiri pidatonya, Jokowi mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Hadir mengikuti upacara daring tersebut Dandim 0213/Nias, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, mewakili Polres Nias, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Sekda dan segenap Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, serta hadirin lainnya. (Red)

Iklan

Loading...
loading...