Terbaru

Pemko Gunungsitoli Gelar Forum Konsultasi Publik RPJMD Tahun 2021-2026

Forum Konsultasi Publik RPJMD Kota Gunungsitoli Tahun 2021-2026 |Foto: Istimewa 

Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Gunungsitoli Tahun 2021-2026 di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Jumat (4/06/2021) pagi.

Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua didampingi Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli tampak membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik tersebut.

Sekretaris Bappeda Kota Gunungsitoli, Karya Septianus Bate’e menyampaikan bahwa pelaksanaan Forum Konsultasi Publik RPJMD Kota Gunungsitoli Tahun 2021-2026 bertujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan bersama pemangku kepentingan, perwakilan masyarakat, serta Kepala OPD lingkup Kota Gunungsitoli, untuk mempertajam tujuan atau asaran, strategi dan arah kebijakan sekaligus menyepakati kerangka pendanaan dan program Pembangunan Daerah Tahun 2021-2026.

Sementara, Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian dalam kerangka penyusunan RPJMD Kota Gunungsitoli Tahun 2021-2026 diantaranya seluruh SKPD agar dapat menjabarkan visi dan misi Kota Gunungsitoli dengan cara menyusun sasaran perangkat daerah, program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur, relevan dan terkait langsung dengan pencapaian visi dan misi, serta dalam rangka penyelesaikan masalah daerah seperti kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan permasalahan pembangunan lainnya.

"Perubahan paradigma money follow function (kebutuhan dana mengikuti fungsi organisasi) menjadi money follow program (kebutuhan dana mengikuti program) atau pendekatan anggaran yang lebih fokus pada program atau kegiatan yang terkait langsung dengan program prioritas nasional, provinsi dan daerah serta memberikan dampak langsung bagi masyaraka," ujarnya.

"Kita harus mengubah paradigma pemerataan pendanaan untuk semua tugas dan fungsi kelembagaan di perangkat daerah menjadi paradigma fokus dan tuntas menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh daerah," tambahnya.

Seterusnya mengenai rasionalisasi program dan kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi masyarakat agar diperhatikan dengan baik.

"Secara simultan dengan penyusunan RPJMD, masing-masing Perangkat Daerah juga berproses untuk menyusun Renstra Perangkat Daerah dengan mengacu pada Rancangan Awal RPJMD Kota Gunungsitoli Tahun 2021-2026 ini," tegasnya.

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Gunungsitoli, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala Instansi Vertikal dan UPT Cabang Dinas Provinsi Sumatera Utara di Wilayah Kota Gunungsitoli, Pimpinan Ormas, OKP, LSM, Tokoh  Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Budaya, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan Forum Anak Kota Gunungsitoli dan segenap Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli. (Red)

Iklan

Loading...
loading...