Terbaru

Penyabar Nakhe: Kemampuan Memainkan Alat Musik Tradisional Nias Sangat Penting


Gunungsitoli, - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara dari daerah pemilihan VIII, Penyabar Nakhe terus melakukan aksi peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kepulauan Nias. Kali ini Penyabar Nakhe membuat satu kegiatan yakni pelatihan memainkan alat musik tradisional kepulauan Nias. 

Menurutnya, melestarikan kebudayaan dan kemampuan memainkan alat musik tradisional kepulauan Nias merupakan kebudayaan leluhur yang sangat penting untuk terus diajarkan melalui generasi ke generasi berikutnya. 

"Kali ini saya memaknai bulan Bung Karno di bulan Juni dengan menggelar pelatihan memainkan alat musik tradisional kepulauan Nias oleh pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rokstar/Pemuda Desa Hilisatarö sekitarnya Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan," tutur Penyabar, saat dikonfirmasi Kamis(24/06/2021).

Dijelaskannya bahwa para pemuda tersebut akan dilatih oleh yang didatangkannya dari instruktur yang handal utusan dari Museum Pusaka Nias, kota Gunungsitoli. 

"Saya berharap para pemuda yang mengikuti pelatihan ini nantinya dapat melatih para pemuda lainnya di Kepulauan Nias agar estafet pengetahuan tentang alat dan musik tradisional Kepulauan Nias senantiasa dilestarikan," harapnya. 

Karena menurutnya dengan adanya kegiatan yang disasarankan kepada kaum pemuda atau milenial tersebut lalu dapat melestarikannya, sudah merupakan ciri-ciri pemuda yang memiliki kepribadian dalam kebudayaan yang merupakan salah satu Trisakti Bung Karno.

"Suatu saat nanti mereka akan menyuguhkan musik tradisional guna menyambut tamu turis bila berkunjung ke Rock Star Beach yang merupakan salahsatu spot surfing yang diminati para Peselancar di Dunia. Mari Lestarikan alat musik Tradisional Kepulauan," himbaunya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...