Terbaru

Wali Kota Gunungsitoli: Bimtek Luar Daerah Gak Berguna, Saya Minta Coret Itu di APBDes

Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua |Foto: Ron D

Gunungsitoli,- Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua menegaskan agar Camat dan PMDK mencoret nomenklatur Bimbingan Teknis (Bimtek) Perangkat Desa di luar daerah bagi desa yang mengajukan itu di tahun anggaran 2021 ini. Menurut dia, Bimtek Luar Daerah itu tidak ada gunanya dan hanya menghabiskan keuangan desa.

Hal itu disampaikan Lakhomizaro saat rapat kordinasi percepatan pengelolaan keuangan desa tahun amggaran 2021 di Kota Gunungsitoli yang digelar di Lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Rabu (16/06/2011).

"Saya minta juga pelatihan-pelatihan (Bimtek_red) di luar daerah itu di coret semua dan ditiadakanlah itu. Gak ada gunanya. Malah kalian menghabis habiskan uang. Saya minta PMDK jangan diberikan rekomendasi itu," tegasnya.

Ia mengatakan, bila sangat perlu, Bimtek atau pelatihan Perangkat Desa itu dilaksanakan saja di dalam daerah dan bukan diluar daerah.

"Ya ini, PMDK juga suka kali memberikan rekomendasi itu untuk kesana. Kalau memang penting kali, suruh narasumbernya atau penyelenggara itu datang ke desa atau kumpul dikantor Camat. Disitu laksanakan pelatihan itu, tanya mereka berapa biaya dari medan. Jadi, narasumbernya yang datang kesini, dari pada kalian 50 orang ke medan berapa biayanya. Nah itu yang saya minta tetapi ada juga yang mau, banyak sekali," ungkapnya.

Wali Kota mengatakan Pelatihan atau Bimtek Luar Daerah itu tidak efektif dan terkesan menghabiskan keuangan desa apalagi baru-baru ini terdapat informasi ada ASN di Pulau Nias ini yang ditangkap di Medan saat sedang ditempat Karaoke.

"Masa ia hanya karena pelatihan itu kalian puluhan orang datang ke Medan. Kumpul dalam satu Hotel. Sorenya masuk karaoke dan ditangkap pulak nanti itu. Bahaya itu," ujarnya diiringi gelak tawa dari para Kepala Desa dan hadiri lainnya.

Untuk itu, dalam arahanya, Lakhomizaro langsung memerintahkan Kadis PMDK dan Camat se Kota Gunungsitoli yang hadir di lokasi agar tidak memberikan rekomendasi Bimtek Luar Daerah tersebut bagi desa yang mengajukan tahun ini. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=