Terbaru

Baru 7 Perusahaan Yang Melaporkan Kegiatan Penanaman Modal di Kota Gunungsitoli

Sekda Kota Gunungsitoli Agustinus Zega |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Berdasarkan laporan dari DPMPPTSP Kota Gunungsitoli, jumlah perusahaan yang telah melaporkan kegiatan penanaman modal baru sejumlah 7 perusahaan dari sekian banyak badan usaha yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Agustinus Zega saat sosialisasi kegiatan koordinasi dan sinkronisasi pembinaan pelaksanaan penanaman modal tahun anggaran 2021 bagi pelaku usaha di Kota Gunungsitoli bertempat di ruang rapat lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Selasa (06/07/2021).

"Oleh karena itu diharapkan melalui kegiatan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan pembinaan penanaman modal ini dapat memberi pemahaman bagi para pelaku usaha mengenai ketentuan dan aturan yang berlaku tentang penanaman modal, dapat belajar tentang cara memproses izin berusaha dengan menggunakan aplikasi Online Single Submission (OSS) dalam bentuk kegiatan simulasi dan cara melaporkan kegiatan penanaman modal badan usaha secara online," ujar Agus Zega.

Melalui Sosialisasi tersebut, Agustinus mengharapkan tercapainya realisasi penanaman modal; meningkatnya jumlah pelaku usaha yang memiliki perizinan berusaha; meningkatnya jumlah pelaporan kegiatan penanaman modal; meningkatnya kualitas fasilitasi penyelesaian masalah pelaku usaha dalam merealisasikan investasinya.

"Sebagai wujud dukungan dan keberpihakan Pemerintah Daerah dalam mendorong dan meningkatkan perluasan penanaman modal dilakukan dengan adanya kebijakan penyederhanaan jalur administrasi pengurusan izin berusaha, pemberian insentif pajak serta pemanfaatan teknologi aplikasi dalam proses penerbitan izin, sehingga akan memberi kemudahan dalam mengembangkan usaha dan memperoleh izin berusaha dengan nyaman, cepat, tepat dan transparan," tuturnya. 

Pelaksanaan Penanaman Modal akan berlangsung selama 3 hari yakni sejak tanggal 6 hingga 9 Juli 2021. Kegiatan tersebut diikuti 26 pelaku usaha yang ada di Kota Gunungsitoli.


Adapun materi yang disampaikan pada acara tersebut adalah Kebijakan penanaman modal dengan narasumber dari Bappeda Kota Gunungsitoli, Kemitraan usaha dengan narasumber dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli; Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dan Perizinan berusaha terintegrasi secara eletronik OSS dengan narasumber Seriusman Putra Zebua, ST (Tenaga Pendamping). 


Acara pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri, Asisten Sekda Kota Gunungsitoli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs.Arham Dusky Hia, M.Si dan sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli. (Red)

Iklan

Loading...
 border=