Terbaru

Bendahara Desa di Kota Gunungsitoli Dilatih Menggunakan Aplikasi Siskeudes


Gunungsitoli,- Untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/ Kelurahan melaksanakan pelatihan penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0.3 tahun 2021 bagi Bendahara Desa.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan di masing-masing Kantor Kecamatan se-Kota Gunungsitoli. Untuk pelatihan hari pertama dilakukan di Ruang Rapat Kantor Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kamis (08/07/2021).

Pelatihan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 08 sd 10 Juli dan 12 sd 14 Juli 2021. Untuk hari kedua dan seterusnya secara berturut-turut pelatihan akan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Gunungsitoli, Gunungsitoli Utara, Gunungsitoli Alo'oa dan hari terakhir di Kantor Kecamatan Gunungsitoli Barat.

Kepala Dinas PMDK, Peniel Harefa saat menyampaikan materi pelatihan dengan topik tahapan penyusunan RKPDes dan APBDes menjelaskan tahapan penyusunan RKPDes yang terdiri dari musyawarah desa penyusunan perencanaan pembangunan desa, pembentukan tim penyusunan RKPDes, Penyusunan rancangan RKPDes, Musyawarah perencanaan pembangunan desa, penyusunan rancangan Perdes tentang RKPDes, Pembahasan dan penyepakatan Ranperdes tentang RKPDes serta terakhir Penetapan peraturan desa tentang RKPDes.

Sedangkan untuk penyusunan APBDes dilakukan dengan tahapan Penyusunan rancangan APBDes, Penyampaian rancangan Perdes tentang APBDes, Pembahasan dan penyepakatan Ranperdes tentang APBDes dan terakhir Penetapan Peraturan Desa tentang APBDes.

Acara tersebut juga dihadiri mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli, sejumlah pejabat dan staf Kantor Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Tenaga Ahli P3MD Kota Gunungsitoli, Pendamping Desa serta Pendamping Lokal Desa. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=