Terbaru

Percepat Realisasi DAK Fisik dan DD 2021, KPPN Koordinasi Ke Wali Kota Gunungsitoli

Kepala KPPN Gunungsitoli saat bertemu Wali Kota Gunungsitoli |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gunungsitoli sampai dengan periode Semester I tahun 2021, diperoleh data bahwa penyerapan Dana Alokasi Khusus dan Dana Desa masih rendah sehingga tidak mencapai target realisasi yang ingin dicapai. 

Rendahnya realisasi DAK Fisik dan Dana Desa tersebut mendorong KPPN Gunungsitoli untuk terus berkoordinasi dengan semua Pemerintah Daerah di Pulau Nias dalam upaya mempercepat penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Kepala KPPN Gunungsitoli, Jakson Sunario Panjaitan didampingi Kepala Seksi Bank, Untung Rismanto serta staf melakukan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli. Kunjungan KPPN tersebut diterima langsung oleh Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua didampingi Kepala BPKAD, Yasokhi Harefa, Rabu (07/2021).


Dalam kunjungan kerja tersebut, Kepala KPPN Gunungsitoli menyerahkan laporan ke Walikota Gunungsitoli yang berisi progres penyerapan DAK Fisik dan Dana Desa di wilayah kota Gunungsitoli periode Semester I Tahun 2021. 

Berkenaan dengan laporan yang disampaikan, Kepala KPPN Gunungsitoli memaparkan realisasi DAK Fisik yang masih sangat rendah yaitu sebesar Rp7.141.320.500 atau sebesar 11,15% dari alokasi dana sebesar Rp64.062.947.000.

Sementara untuk Dana Desa juga masih mengalami hal yang sama sama yaitu realisasi yang masih rendah jika dibandingkan dengan target realisasi yang seharusnya. Realisasi Dana Desa sampai dengan periode semester I Taun 2021 adalah sebesar Rp8.649.647.680 atau sebesar 9,69% dari alokasi dana desa sebesar Rp89.308.308.000.

Sementara itu, Walikota Gunungsitoli menyambut positif atas kunjungan kerja dari KPPN Gunung sitoli khususnya informasi data penyerapan DAK Fisik dan Dana Desa di kota Gunungsitoli. 


Walikota Gunungsitoli meminta agar KPPN menyampaikan informasi ini secara berkala untuk bahan masukan bagi Pemko dalam menindaklanjutinya serta mencari solusi dengan Dinas terkait melalui forum diskusi yang lebih komprehensif. 

"Untuk masa yang akan datang kami akan melibatkan KPPN dalam berbagai diskusi yang lebih teknis untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dalam penyaluran DAK Fisik dan Dana desa," ujarnya.

Mengakhiri acara kunjungan kerja, Walikota Gunungsitoli mengatakan ucapan  terimakasih atas informasi penyerapan DAK Fisik dan Dana Desa yang telah diterima dan akan menindaklanjutinya untuk segera mempercepat realiasi agar masyarakat Gunungsitoli lebih cepat dapat merasakan dampak atas pembangunan yang dilaksanakan, khususnya yang dibiayai dari DAK Fisik dan Dana Desa. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=