Terbaru

Irwansyah Sarumaha, Lolos Magang Literasi Tingkat Nasional Tahun 2021

Irwansyah Sarumaha saat mengajari anak - anak|Foto: istimewa 

Nias Selatan,- Irwansyah Sarumaha seorang pegiat literasi yang berasal dari Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, lolos seleksi mengikuti magang pegiat literasi nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (Dit.PMPK) Kemdikbud.

Dihubungi wartanias.com, Rabu (18/08/21), Irwansyah mengatakan bahwa dirinya sudah sekian lama bergerak dalam dunia Literasi.

"Akhirnya saya diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan magang pegiat literasi ini di tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kemendikbud," ujarnya.

Pendiri Taman Bacaan Masyarakat Lentera Ono Niha (TBM Lentera Ono Niha) yang berdomisili di desa Hiliamaetaluo Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara tersebut telah banyak memberi dampak positif dalam meningkatkan literasi masyarakat disekitarnya.

Uniknya, kegiatan yang dilakukannya tersebut bersifat relawan yang dilandasi dengan tekad dan inisiatif membangun masyarakat dan mencerdaskan anak-anak bangsa melalui gerakan literasi.

"Kegiatan magang ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pengalaman nyata kepada setiap peserta yang kemudian dapat diimplementasikan di setiap komunitas baca atau TBM masing-masing. Peserta juga diberikan berbagai materi sebagai pembelajaran untuk kemajuan TBM masing-masing serta meningkatkan literasi masyarakat,"Jelas Irwansyah.

Dia pun berharap, dengan mengikuti magang Literasi ini, dapat menambah ilmu pengetahuan terkait literasi, yang dapat diterapkan untuk membangun budaya baca dan meningkatkan literasi masyarakat.

"Saya berharapa kedepan anak-anak Nias menjadi generasi yang cerdas, kreatif, inovatif, serta produktif untuk membangun bangsa Indonesia, khususnya pulau Nias,"Pungkasnya. (Tri Buaya)

Iklan

Loading...
loading...
 border=