Terbaru

Pasar Nou Akan Segera Beroperasi, Dinas Perindag Targetkan PAD 400 Juta

Wali Kota Gunungsitoli dan rombongan saat tinjau pasar nou yang baru dibangun beberapa bulan lalu |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Pasar Nou yang sudah selesai di bangun tahun ini oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli akan segera dioperasikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Pemko Gunungsitoli kepada para pedagang. Dinas tersebut akan menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar 400 juta setiap tahunnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemko Gunungsitoli Yurisman Telaumbanua saat dikonfirmasi wartanias.com di kantornya, Senin (27/09/2021) sore.

"Rencana akan beroperasi sekitar bulan Oktober 2021. Saat ini kami sedang mendata siapa saja pedagang yang akan menempati setiap kios dan los yang ada di Pasar Nou tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada 70 kios di lantai II dan 103 los terbuka di lantai dasar Pasar yang dibangun dengan pagu 15 miliar tersebut.

"Awal tahun 2022, pengutipan retribusi akan kita mulai. Besarnya sesuai Perda sekitar 4 jutaan rupiah setiap kios atau los. Kita targetkan PAD dari sana sebesar sekitar 400 juta rupiah setiap tahunnya," jelasnya.

Ia menambahkan, kios dan los di Pasar itu akan di tempat para pedagang yang sebelumnya telah direlokasi ke Eks terminal lama Gunungsitoli.

"Tentu yang menjadi prioritas yang akan menempatinya adalah para pedagang yang ada sebelumnya di situ. Saat ini mereka sudah di relokasi di Eks Terminal Lama," tambahnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
loading...
 border=