Terbaru

Penyabar Nakhe: Pemantapan SDM Dapat Meningkatkan Produktifitas Masyarakat


Gunungsitoli, - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil VIII Kepulauan Nias dari Fraksi PDI Perjuangan, Penyabar Nakhe berkomitmen untuk terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dengan cara memajukan sektor pariwisata, adat dan budaya guna mewujudkan masyarakat desa yang produktif. 

Kali ini, Penyabar Nakhe terus melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan perkumpulan Hiduplah Indonesia Raya (HIDORA) yang bergerak dalam bidang kepariwisataan dari Banyuwangi yang nantinya akan mendampingi 3 desa di Kecamatan Gunungsitoli Barat (Desa Lolomoyo Tuhemberua, Desa Tumori, dan Desa Gada).

Pada kesempatan itu, Penyabar Nakhe memperkenalkan Komunitas Hiduplah Indonesia Raya (HIDORA) kepada pemerintah kecamatan Gunungsitoli Barat, pemerintah desa Tumori bersama dengan masyarakat desa Tumori,  Senin (13/09/2021).

"Kita ingin membangun SDM di desa ini khususnya di bidang kepariwisataan, budaya dan adat. Hari ini telah hadir bersama kita saudara-saudara kita dari HIDORA yang akan melakukan pendampingan dan juga pelatihan kepada masyarakat desa tentang tata cara mengembangkan potensi desa dan UMKM di desa," kata Penyabar Nakhe.

Dijelaskannya bahwa selama ini pihak HIDORA telah melakukan survei di Gunungsitoli Barat terkait potensi yang ada di masing-masing desa sehingga sebagai tindak lanjut dari kegiatan itu, pihak HIDORA akan tinggal di desa guna memantapkan rencana pelaksanaan pelatihan kepada masyarakat. 

"Guna meningkatkan produktifitas, masyarakat akan dilatih tata cara yang baik dan benar saat menjadi tuan rumah desa wisata, desa adat dan budaya. Sehingga dengan demikian desa kita akan terkesan ramah dan dapat dikunjungi oleh siapa saja tamu-tamu dari luar daerah. Dan ini dipastikan akan memengaruhi peningkatan pendapatan masyarakat. Dan tentunya hal ini akan tercapai apabila adanya kerja sama dari seluruh pihak. Baik pemerintah maupun masyarakatnya," tambahnya. 

Selanjutnya pada waktu yang sama, Camat Gunungsitoli Barat, Arianto Zega, S.E,M.M mengapresiasi langkah konsisten dan komitmen dari Wakil Rakyat Penyabar Nakhe yang menurut dia, tetap komitmen mengembangkan bidang pariwisata di kepulauan Nias.

"Terima kasih kami ucapkan kepada pak Penyabar Nakhe yang sejak tahun 2020 kemarin tetap konsisten mengembangkan kepariwisataan terutama di wilayah Gunungsitoli Barat ini. Dimana pada saat ini beliau membuktikan keseriusannya melalui bentuk kerja sama dengan perkumpulan Hiduplah Indonesia Raya (HIDORA) yang bergerak dalam bidang kepariwisataan dari Banyuwangi," sebut Arianto. 

Sementara dalam sambutannya, pihak HIDORA menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan yang terbaik selagi diberikan kesempatan oleh pemerintah dan masyarakat.

"Orangtua sekaligus sahabat kami, pak Penyabar Nakhe termasuk tokoh yang sangat gigih dalam memperjuangkan sesuatu hal yang sifatnya berguna bagi masyarakat umum. Kali ini salah satu agenda beliau ialah pengembangan kebudayaan dan kepariwisataan di kepulauan Nias. Dan hal ini yang membuat kami tertarik dengan program beliau karena memang inilah bidang kami di HIDORA," sebut Andri dari komunitas HIDORA.

Saat itu Andri menyebutkan bahwa pihaknya akan terus melakukan yang terbaik dalam menunjang peningkatan sumber daya manusia di desa Tumori sebagai salah satu desa Adat di kecamatan Gunungsitoli Barat kota Gunungsitoli. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=