Terbaru

Pulau Nias Menyimpan Sejuta Pesona, Tidak Kalah Menawan Dengan Bali

Pulau Hinako di Nias Barat |Foto: Istimewa 

Nias Barat,- Jika kamu mengunjungi pulau Nias, kamu akan mendapatkan pengalaman wisata yang sangat menarik, karena Nias memiliki beragam objek wisata. Mulai dari objek wisata yang menawarkan olah raga yang memicu adrenalin seperti selancar dan menyelam (diving), hingga wisata yang sarat sejarah dan budaya yakni rumah tradisional dan hombo batu atau lompat batu.

Nias merupakan pulau dan kepulauan yang terletak di sebelah Barat Pulau Sumatera. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah provinsi Sumatra Utara.

Pulau Nias memiliki luas wilayah 5.625 km persegi dan penduduknya yang nyaris mencapai 1 juta jiwa. Di pulau ini terdapat 5 daerah administrasi, 1 Kota dan 4 Kabupaten.

Co-Founder NIASPedia, Wardaniman Larosa, Rabu (13/10/2021) dalam talk show live Instagram NIASpedia bertajuk 'West Nias Tourism' mengatakan Nias merupakan pulau yang menyimpan sejuta pesona dan tidak kalah menawannya dari Bali.

"Nias itu keren banget, saya objektif ya bahwa kalau dari sisi kita lihat Nias itu dibandingkan dengan Bali, lebih bagus lagi objek wisata Nias sebenarnya," ujar Warda.

Pulau Nias, kata dia, menyimpan potensi pariwisata yang begitu besar karena masih banyak destinasi wisata yang wajib untuk dieksplorasi.

"Di Nias, kamu bisa mengunjungi beragam destinasi wisata menarik dan unik tentunya. Destinasi wisata itu banyak banget dan nggak akan membosankan," jelas Warda.

Warda menjelaskan, kendala yang membuat potensi pariwisata di pulau Nias belum tergali secara maksimal adalah disebabkan biaya transportasi yang masih dalam kategori lebih mahal jika dibandingkan dengan Pulau Dewata Bali.

Namun, Warda menekankan 'biaya mahal' tersebut akan 'terbayar lunas' saat kamu menginjakkan kaki di pulau Nias.

"Karena kamu bisa mengeksplorasi kekayaan alam gugusan pulau ini sebagai salah satu potensi pariwisatanya," ucapnya.

Terkait potensi pariwisata di Pulau itu. Warda mengatakan bahwa Nias Barat menjadi wilayah kabupaten yang memiliki destinasi wisata paling menarik di antara yang lain.

"Di Kabupaten Nias Barat, ada pulau-pulau yang memiliki daya tarik dari keindahan lautnya. Terdiri dari Pulau Bawa, Pulau Asu, Pulau Bogi, Pulau Hinako, Pulau Imana, Pulau Herunga, Pulau Lengu dan Pulau Hamatula," tuturnya.

Pulau Sirombu di Nias Barat |Foto: istimewa 

Pemerintah Kabupaten Nias Barat menurut dia saat ini terus menata 10 kawasan destinasi pariwisata dan menjadikannya sebagai destinasi wisata yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Nias Barat.

Adapun Destinasi wisata dimaksud adalah Rumah Adat Nias Barat di Desa Sitolubanua, Berselancar di Pulau Asu, Panorama Pantai Sirombu, Bebatuan Bertumpuk di Pantai Falaete, Keunikan Pantai Fari'i, Eksotisme Danau Pulau Bawa, Situs Megalitikum di Lahomi, Desa Lolozirugi dan Desa Sisarahili.

SementaraPutri Pariwisata Nias Barat 2018, Necis Daeli pada acara itu juga mengatakan ada sejumlah destinasi wisata yang ia rekomendasikan untuk masuk dalam daftar lokasi wisata yang wajib dikunjungi di Nias Barat maupun kabupaten lainnya.

Menurut dia, Pulau Asu sebagai destinasi pertama yang wajib dikunjungi jika kamu melancong ke Nias Barat. Karena pulau Asu menurutnya, sangat eksotis dan memilik warna tosca yang begitu menawan pada lautnya.

"Pulau Asu itu keren banget, untuk privacy juga bisa, udaranya dan panoramanya juga luar biasa, warna laut yang biru tosca itu keren, bisa melepaskan beban pikiran langsung di sana," tutur Necis Daeli.

Selain Nias Barat, di Kabupaten di Pulau Nias juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik. Contohnya adalah Pantai Sorake dan Lagundri di Nias Selatan.

"Kalau ke Nias Selatan, jangan lupa belajar sejarah budaya di Desa Bawomataluo," katanya.

Di Kota Gunungsitoli juga menurut Necis ada tempat wisata yang tidak kalah menarik seperti Air Terjun Humogo di Desa Fadoro, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Jika mau refreshing kamu bisa ke pusat Kota Gunungsitoli. Disana ada tempat jajanan malam dan taman Yaahowu.

Sedangkan jika ke Nias Utara bisa mengunjungi Pantai Turelotu yang sangat indah dan menarik.

Ia menjelaskan bahwa pariwisata suatu daerah bisa disebut berkembang jika telah memenuhi beberapa aspek penting dalam pengembangan pariwisata, mulai dari aksesibilitas hingga atraksi.

Terkait aspek aksesibilitas, kata Necis, infrastruktur di Nias Barat masih sangat perlu dibenahi karena sejumlah akses yang menuju lokasi wisata di kabupaten ini tergolong kurang layak.

Necis menyampaikan bahwa hal ini perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah, agar upaya dalam mengembangkan sektor pariwisata di wilayah tersebut dapat berlangsung optimal. 

Menurutnya, jika akses jalannya tidak rusak, maka para wisatawan pun akan merasa puas karena tidak harus membuang waktu lama dalam perjalanan menuju destinasi tersebut. Selain akses jalan, destinasi wisata di Nias Barat juga harus memperhatikan ketersediaan penginapan hingga pelaku ekonomi kreatif.

"Bagaimana pengunjung atau para wisatawan mau berkunjung ke suatu daerah untuk melihat daya tarik tersebut, kalau misalnya mulai dari akses saja tidak bisa atau masih kurang bagus, dia mungkin bisa merasa bosan atau capek di jalan," tegasnya. (Red/rls)

Iklan

Loading...
 border=