Terbaru

Recovery Jaringan Listrik Karena Cuaca Ektrim dan Angin Kencang Oleh PLN Nias

Pohon kelapa tampak tumbang di salah satu wilayah di Pulau Nias |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- PLN (Persero) UP3 Nias fokus mempercepat pemulihan suplai listrik terdampak cuaca ekstrem dan angin kencang yang menyebabkan suplai listrik di beberapa wilayah di Pulau Nias terganggu pada minggu 20 Maret 2021. PLN berhasil memulihkan suplai listrik 90 persen ke pelanggan dari total 121.502 pelanggan. 

Manager PLN UP3 Nias, Hasudungan Siahaan, Senin (21/03/2022) mengatakan bahwa dari hasil pantauan petugas dilapangan terdapat 13 titik lokasi pohon tumbang yang mengakibatkan kerusakan ringan hingga berat di jaringan listrik HUTM  dan Gardu distibusi yang rusak akibat ditimpa pohon. Adapun titik lokasi terdapat di kabutapaten Nias Selatan sebanyak 5 titik, Kabupaten Nias Barat 2 titik, Kabupaten Nias 3 Titik, Kota Gunungsitoli 1 titik dan Kabupaten Nias utara sebanyak 2 titik yang mengakibatkan sebanyak  12 Penyulang padam.

"Sampai saat ini petugas telah dikerahkan sebanyak 48 orang dan 2 Unit Mobile crane untuk recovery jaringan dan mengutamakan keselamatan masyarakat dalam memulihkan suplai listrik di beberapa titik di Pulau Nias," ungkapnya melalui keterangan tertulis kepada wartanias.com. 

Gangguan listrik terjadi akibat angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang dan gangguan listrik dengan beban padam sebesar 15.9 MW, sehingga Pembangkit PLTMG 5X5 MW, PLTD Gunungsitoli 6 MW, dan PLTD ASJ sewa 6 MW juga mengalami gangguan.

Berdasarkan perkembangan terkini, PLN UP3 Nias telah berhasil memulihkan 10 Penyulang  dari 12 penyulang yang terdampak akibat cuaca ektrim dan angin kencang. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat di tengah bahaya cuaca ekstrem untuk waspada. Bagi masyarakat yang melihat terdapat potensi bahaya ketenagalistrikan, diharapkan segera melapor ke PLN Mobile atau contact center PLN 123,” tambahnya. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=