Terbaru

Wali Kota Gunungsitoli Usulkan Pembangunan Kantor Pajak Pratama di Pulau Nias

Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua |Foto: Ferry Harefa 

Gunungsitoli, - Dalam rangka mengefektifkan pembayaran pajak oleh wajib pajak yang ada di wilayah kepulauan Nias, Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhömizaro Zebua mengusulkan dan berharap adanya pembangunan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Di Pulau Nias. 

Hal itu diungkapkan oleh Lakhömizaro saat menyampaikan sambutannya pada pelaksanaan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Di Wilayah Kepulauan Nias Tahun Pajak 2021 yang digelar di Aula Pertemuan Grand Kartika Gunungsitoli, Rabu (23/03/2022).

Menurutnya pajak yang dihasilkan di wilayah kepulauan Nias yang terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten sampai saat ini sudah sangat lumayan besar. 

"Hampir setiap saya menghadiri kegiatan seperti ini, saya selalu meminta agar di kepulauan Nias adalah kantor pelayanan pajak, sehingga para wajib pajak tidak kesulitan untuk membayar kewajibannya. Bayangkan jika hanya untuk konsultasi tentang mekanisme pembayaran pajak, para wajib pajak kadang terkendala soal akses yang harus menyebrang lautan. Bisa dibayangkan berapa biaya yang dia keluarkan," jelasnya. 

Lakhömizaro meyakini bahwa hasil pajak masyarakat di kepulauan Nias dipastikan akan lebih besar dengan adanya kantor di wilayah kepulauan Nias. 

"Tentunya jika ada kantor pelayanan, maka para wajib pajak sangat terbantu untuk konsultasi. Sesungguhnya mereka sangat ingin membayar pajak tetapi kebingungan ketika belum melakukan konsultasi terkait mekanisme. Nah, kalau kantor pelayanan masih di luar daerah, maka terkadang para wajib pajak terkadang mengurungkan niatnya untuk bayar pajaknya," tambahnya. 

Pada kesempatan itu dia juga menghimbau agar seluruh wajib pajak yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli dan Pulau Nias pada umumnya untuk tetap taat pajak dan melunasi kewajiban, sehingga secara tidak langsung masyarakat sudah membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan.

Sementara terkait usulan tersebut, Kepala Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara II, Anggrah Warsono menyebutkan bahwa pihaknya telah mengkordinasikan usulan tersebut dipusat sembari pihaknya juga sedang membuat naskah akademis terkait usulan tersebut. 

"Sampai saat ini sejak diusulkan tahun-tahun sebelumnya, maka hal itu sedang kita godok sampai saat ini. Mudah-mudahan akan terwujud dan terealisasi," ucap Anggrah saat ditemui oleh wartawan usai pelaksanaan kegiatan itu. 

Seterusnya dia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh para wajib pajak yang ada di wilayah kepulauan Nias yang telah berkontribusi mendukung program pemerintah melalui pembayaran pajak. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=