Terbaru

Pemko Gunungsitoli Menyambut Baik Kunjungan Peserta West Sumatera International Yacht Rally 2022


Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli menyambut baik kunjungan peserta West Sumatera International Yacht Rally 2022 di Kota Gunungsitoli. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE.,M.Si di acara Gala Dinner bertempat di Taman Ya’ahowu Gunungsitoli, Minggu (03/04/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota menyampaikan Ucapan terimakasih kepada peserta West Sumatera International Yacht Rally 2022 yang telah berkunjung ke Kota Gunungsitoli selama empat hari. Harapannya dalam kunjungan ke sejumlah objek Wisata di Kota Gunungsitoli para Wisatawan mendapatkan kesan yang baik. Sehingga dapat memberikan informasi kepada warga lain di negara masing-masing, bahwa Kota Gunungsitoli memiliki berbagai tempat menarik untuk di kunjungi.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Raymond Lesmana selaku organizer acara ini, semoga pada even ke depan Kota Gunungsitoli tetap dijadikan Kota tujuan para peserta International Yact Rally” ujarnya.

Diacara Gala Dinner tersebut para Peserta West Sumatera International Yact Rally juga diberikan hiburan atraksi seni, budaya dan musik.

Peserta West Sumatera International Yacht Rally 2022 tiba di Kota Gunungsitoli pada Jumat (01/04/2022), mereka disambut di Museum Pusaka Nias oleh Tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli. Lalu sabtu (02/04/2022) peserta dibawa ke Desa Tumori Kecamatan Gunungsitoli Barat.

Di Desa Tumori, peserta diberikan penjelasan tentang rumah adat sambil dibawa masuk kedalam rumah adat, selain itu juga dipertunjukkan atraksi budaya berupa Tari Famalega Bola, Fangowai dan Fame Afo serta Tarian Folaya Ba Gowasa. Untuk santap siang, para peserta disuguhi menu makanan tradisional. 

Acara kemudian berlanjut dengan menyaksikan demo dan memparaktekkan langsung mamidi afo, pembuatan Gowi Nifufu dan menganyam. Sebelum Kembali ke Museum Pusaka Nias, para peserta dibawa melihat Gua Togi Ndrawa di Desa Lelewonu Nikootano.

Untuk dua hari berikutnya, minggu dan senin (03-04/04/2022), peserta dibawa berkunjung ke Panti Asuhan Alma dan Air Terjun Humogo di Desa Fadoro Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

Untuk diketahui West Sumatera International Yacht Rally 2022 berlangsung dari tanggal 15 Maret 2022 hingga 10 Juni 2022, melintasi 14 titik pemberhentian di Pulau Sumatera berangkat dari Sabang dan berakhir di Natuna. Kegiatan ini diikuti oleh 15 yacht, dengan jumlah peserta 26 orang dari berbagai negara. Untuk di Kota Gunungsitoli singgah 7 yacht dengan 18 orang peserta dari 8 negara. 

Yacht sendiri merupakan jenis perahu layar ringan, dengan penumpang di bawah 10 orang, biasanya dimiliki oleh orang-orang yang gemar berlayar lintas negara, untuk berwisata sekaligus berpetualang di lautan. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=