Terbaru

Pemdes Siwalubanua II di Gunungsitoli Salurkan BLT Dana Desa Tahap I Tahun 2022

Penyaluran BLT Dana Desa Siwalubanua II |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Sebagai jaring pengaman sosial dimasa pandemi dan untuk menopang daya beli masyarakat agar perekonomian desa produktif dan bergerak. Pemerintah Desa Siwalubanua II menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 75 keluarga penerima manfaat (KPM) bertempat di Kantor Desa Siwalubanua II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Selasa (24/05/2022).

Pembagian BLT tersebut dihadiri oleh seluruh KPM dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19. 

Kepala Desa Siwalubanua II Darman Gea menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai yang dibagikan pada tahap I adalah untuk pembayaran bulan Januari hingga bulan maret tahun anggaran 2022.

"Adapun nilai BLT ini adalah sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya," ungkap Darman.


Ia menjelaskan bahwa BLT ini tidak menunggu turunnya dana desa secara keseluruhan, karena pemerintah lebih mengutamakan penyaluran BLT dengan syarat pengajuan dana desa telah dilaksanakan.

"Sesuai petunjuk dari Dinas PMD dan Kantor Camat Gunungsitoli Idanoi, BLT ini tidak boleh ditahan-tahan harus segera kita salurkan,” ucapnya.

Darman menuturnkan, bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihaknya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya penginputan dana desa yang dilakukan secara online. 

Selain itu, Pemdes juga membutuhkan kelengkapan data dari keluarga penerima manfaat dan Pemdes juga terlebih dahulu telah melakukan proses Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan nama dan jumlah penerima BLT tersebut.

“Kita berusaha setelah penyaluran BLT ini untuk segera menyampaikan pertanggungjawabannya sekaligus pengajuan untuk tahapan berikutnya. Karena jika laporan pertanggungjawaban belum selesai maka pengajuan untuk tahap selanjutnya juga tidak bisa dilakukan,” tuturnya.

Penyaluran bantuan tunai tersebut turut dihadiri pihak Kantor Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Tenaga Ahli P3MD Kota Gunungsitoli, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, BPD Siwalubanua II, Babinsa dari Koramil 01 Gunungsitoli, Bhabinkamtibmas dari Poksek Gidő, Penyuluh Kesehatan, Pendamping PKH, Aparatur Desa dan seluruh KPM BLT Desa Siwalubanua II. (Red)

Iklan

Loading...
 border=