Terbaru

Anjungan Listrik Mandiri Di Pelabuhan Lahewa Diresmikan

Peresmian ALMA di Pelabuhan Lahewa Nias Utara |Foto: istimewa 

Nias Utara,- PT. PLN meresmikan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) di kantor unit penyelenggara kelas 3 Kementrian Perhubungan, Direktorat Perhubungan Laut, Pelabuhan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, kamis (23/06/2022). 

Acara peresmian awalnya dibuka oleh kepala pelabuhan Chairul dan Manager PLN UP3 Nias Hasudungan Siahaan. 

Secara simbolis, peresmian ALMA ditandai dengan penandatanganan mou antara PT. PLN UP3 Nias dengan kepala pelabuhan. Setelah penandatangan, dilanjutkan pemotongan pita di pelabuhan Lahewa.

Kepala pelabuhan sangat mendukung kegiatan penyediaan ALMA di pelabuhan, hal ini bertepatan dengan segera beroperasinya dua unit kapal oleh tim Sar yang menjadikan pelabuhan lahewa sebagai pangkalannya.

Adapun manfaat ALMA adalah menyediakan sumber energi yang hemat dan ramah lingkungan dibandingan saat menggunakan BBM jenis solar selama kapal bersandar dengan penghematan biaya 50 sampai 60%. 

Manager PLN UP3 Nias, Hasudungan Siahaan, menjelaskan ALMA di lahewa adalah ALMA ke 8 yang berada di wilayah sumatera utara.

"Sebelumnya Alma ini sudah dibangun di 7 lokasi yaitu Pelabuhan Simanindo di samosir, Pelabuhan Balige, Pelabuhan Muara, Pelabuhan tanjung sarang elang, Pelabuhan aji bata di parapat, Pelabuhan tigaras di parapat dan pelabuhan belawan," ungkapnya.

Dengan hadirnya ALMA diharapkan PLN dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nias Utara terutama di daerah Lahewa dan sekitarnya.

"Pembangunan Alma merupakan bentuk konkrit dari program electryfing marine program yang mendukung kelistrikan kelautan, bertujuan memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor pariwisata perairan dan kelautan guna memenuhi kebutuhan layanan listrik temporer seperti penerangan kapal, cold storage serta kebutuhan lainnya di dermaga hingga tempat pelelangan ikan," tuturnya.

Hasudungan mengungkapkan bahwa kedepan ini, PLN akan menambah 3 unit ALMA di Kepulauan Nias, yaitu di Kota Gunugsitoli, Teluk Dalam dan Pulau Tello.

Acara peresmian dihadiri pejabat bendahara materil kantor pelabuhan Jefry, Manager ULP Gunungsitoli Andreas Frans, Manager Bagian Perencanaan Hans Siregar dan Manager Bagian Pemasaran Dovin Alfrinto Simbolon. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
 border=