Terbaru

Forum Anak Kota Gunungsitoli Gelar Long March Kampanye Perlindungan Anak


Gunungsitoli,- Dalam rangka Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P5A) mengadakan long march sekaligus mengkampanyekan Perlindungan Anak di Kota Gunungsitoli. 

Long march tersebut dimulai dari Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli memuju Kebun Wendi Desa Hilina’a Kota Gunungsitoli, Kamis (06/10/2022).

Acara itu digelar sebagai upaya Pencegahan Kekerasan terhadap anak, perempuan dan perdagangan orang oleh Forum Anak Kota, Kecamatan dan Desa se- Kota Gunungsitoli dengan rute perjalanan dimulai dari taman ya’ahowu, mengelilingi Kota Gunungsitoli dan menuju kebun wendy. 

Lalu dilanjutkan dengan Perlombaan Orasi dan yel yel Perlindungan Anak serta Games keakraban forum anak se- kota Gunungsitoli.

Dalam arahannya Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua menyampaikan bahwa untuk mencapai pemenuhan hak  anak dalam rangka  mewujudkan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, berbagai upaya dan  kebijakan telah diupayakan oleh  Pemerintah Pusat maupun  Daerah. Pemerintah Kota Gunungsitoli telah menetapkan regulasi terkait perlindungan anak Kota Gunungsitoli antara lain: Peraturan Daerah Nomor 2  Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, dan  Peraturan Wali Kota Gunungsitoli Nomor 49 Tahun 2020 tentang pembentukan dan pengembangan forum anak kota gunungsitoli.

“ Saya sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan yang terlaksana ini, melalui kegiatan ini anak-anak bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kegiatan-kegiatan seperti ini untuk ditingkatkan dan digiatkan lagi,”ucapnya.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa saat ini anak-anak selalu dilibatkan untuk perencanaan pembangunan yang terkait dengan anak di Kota Gunungsitoli dengan menghadirkan Forum Anak pada setiap rapat-rapat Pemerintahan yang berkaitan dengan anak.

“Oleh sebab itu, anak-anak kami bercita-citalah, yang paling saya minta kalian harus berani menyampaikan apa yang perlu bagi kesejahtetaan anak. Anak-anak sekarang tidak boleh seperti anak-anak yang dulu, tidak berani memberikan pendapat. Secara khusus Pemerintah Kota Gunungsitoli siap menerima saran dan masukan dari anak-anak,”ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia selaku Kepala Bidang Pemberdaaan Perempuan dan Anak Dinas P5A

Betty Novriani Waruwu, SKM dalam laporannya menyampaikan bahwa Tujuan Pelaksanaan kegiatan tersebut adalah salah satu Strategi Pembangunan Kota Gunungsitoli dalam Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak melalui Kota Layak Anak,  yang mana pada tahun ini Kota Gunungsitoli sebagai  salah satu Kabupaten Kota se- Indonesia mendapatkan Anugrah Apresiasi Kota Layak Anak Tahun 2022 Kategori Pratama.

Adapun yang menjadi juara pada lomba orasi adalah 

Juara I Otniel Berkat Tatema Zebua (Forum Anak Kecamatan Gunungsitoli Barat)

Juara II Clarissa N. P. Gea (Forum Anak Desa Simanaere Kec. Gunungsitoli Idanoi)

Juara III Khaerani Hidayati Mendrofa  (Forum Anak Kec. Gunungsitoli Utara)

Harapan I Lois Sophia Harefa (Forum Anak Desa Dahana Tabaloho Kec. Gunungsitoli)


Sedangkan untuk lomba Yel-Yel Forum Anak adalah 

Juara I Forum Anak Kecamatan Gunungsitoli Barat

Juara II Forum Anak Desa Dahana Tabaloho Kec. Gunungsitoli

Juara III Forum Anak Desa Onizitoli Siforoasi Kec. Gunungsitoli 

Harapan I Forum Anak Kecamatan Gunungsitoli

Favorit Forum Anak Desa Tetehosi Afia Kecamatan Gunungsitoli Utara. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=