Terbaru

Wali Kota Gunungsitoli Paparkan Realisasi APBD TA.2022 Pada Konferensi Pers


Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli adakan Konferensi Pers. Kegiatan Konferensi Pers dipimpin langsung oleh Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua didampingi oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE.,M.Si, bertempat di Hotel dan Restoran Kaliki, Rabu (09/11/2022)

Pada kesempatan tersebut, adapun beberapa informasi yang disampaikan oleh Wali Kota Gunungsitoli antara lain Realisasi Belanja Daerah APBD Tahun 2022 hingga keadaan 30 September 2022 adalah 70,14% dari total Anggaran Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022, Realisasi penyaluran Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2022 sebesar 81,26%, Realisasi Penyaluran Anggaran Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2022 sebesar 58,65%. Pemerintah Kota Gunungsitoli juga telah menganggarkan Belanja Pengendalian Inflasi Daerah 2,30% berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 134 Tahun 2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi T.A.2022, dan proses P3D Barang Milik Daerah dari Kabupaten Nias ke Pemerintah Kota Gunungsitoli telah terlaksana sebanyak 1.081 objek, baik aset bergerak maupun tidak bergerak. Pada pertemuan terakhir yang difasilitasi oleh KPK–RI, terdapat 46 objek yang masih perlu diidentifikasi/diklarifikasi, dan akan mengadakan rapat tindak lanjut antara Pemerintah Kabupaten Nias, Pemerintah Kota Gunungsitoli dan Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Masih disampaikannya, pada Tahun 2022, Dinas PUTR melalui Program Penyelenggaraan jalan, telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan/pemeliharaan jalan dengan Hotmix sepanjang 10.300 meter (antara lain ruas Lolomoyo-Loloana’a, Ruas Jalan Pancasila dan beberapa jalan di Kota Gunungsitoli), Lapen sepanjang 5.806,88 meter dan Pembangunan/pemeliharaan Jembatan sebanyak 1 Unit. Beberapa Paket pekerjaan jalan dan jembatan masih dalam tahap pengerjaan dan pemeliharaan. Pada Tahun 2023 Pemerintah Kota Gunungsitoli merencanakan rekayasa lalu lintas dalam rangka mengurai kemacetan dan kesemrautan lalu lintas. Rencana rekayasa lalu lintas yaitu Jalan Diponegoro mulai dari Simpang Meriam hingga Simpang SMP Negeri 5 menjadi satu arah dari utara ke selatan, sementara dari arah selatan dialihkan menjadi satu arah ke Jalan Pendidikan – Jalan Pelita – Jalan Karet keluar ke Jalan Pattimura atau ke Simpang Meriam. Pada tahun ini jalan-jalan tersebut akan dibenahi.

Lanjutnya, pemilihan Kepala Desa serentak se – Kota Gunungsitoli belum dapat dilaksanakan pada tahun ini, karena kekurangan anggaran untuk belanja biaya operasional pengamanan pemilihan Kepala Desa di 71 (tujuh puluh satu) Desa kepada Polres Nias. Sementara itu pelayanan pinjaman dana bergulir sampai dengan keadaan September 2022 telah melayani debitur sebanyak 362 pelaku usaha mikro dan 6 (enam) koperasi, dan selama tahun 2022, Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM telah melaksanakan berbagai pelatihan bagi Industri Kecil Menengah (IKM), Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Pelaksanaan konferensi pers turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Arham Dusky Hia, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ir. Agustinus Zega, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemko Gunungsitoli, dan Camat Lurah Lingkup Pemko Gunungsitoli. (Rls)


Iklan

Loading...
loading...
 border=