Terbaru

Kelola Keuangan Dengan Baik, 5 Desa Se-Kota Gunungsitoli Dapatkan Reward Dari Pemerintah

Gunungsitoli, - Sebanyak 5 Desa Se-Kota Gunungsitoli yang memiliki kinerja yang baik dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2022 dan percepatan pengelolaan keuangan desa tahun 2023 mendapatkan reward atau apresiasi dari Pemerintah Kota Gunungsitoli dan diserahkan secara langsung oleh Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhömizaro Zebua saat menggelar rapat koordinasi bersama Kepala Desa dan BPD Se-Kota Gunungsitoli, Selasa (31/01/2023).

Dalam sambutannya, Walikota Gunungsitoli menyampaikan apresiasi atas kontribusi dan kinerja yang baik dari ke-lima desa tersebut dimana telah berupaya semaksimal mungkin dalam pengelolaan keuangan di desa. 

"Terima kasih atas kinerja yang baik dari kepala desa, Pj. Kepala desa, BPD dan pihak terkait yang telah mendukung program pemerintah daerah kota Gunungsitoli dalam hal pengelolaan keuangan desa. Apresiasi juga kepada para Pj. Kepala Desa yang notabene merupakan ASN Kota Gunungsitoli yang telah menunjukkan kemampuan dalam memimpin dan memanajemen. Semoga hal ini menjadi acuan dan motivasi buat para kepala desa yang defenitif nantinya," harap Lakhömizaro. 

Pada kesempatan itu itu, Walikota Gunungsitoli juga menyoroti tentang masih adanya desa yang belum melunasi pajak. Jumlahnya pun sangat fantastis yakni 48 desa dari antara 98 desa yang ada di wilayah pemerintah Kota Gunungsitoli.

Pada saat itu, Walikota Gunungsitoli juga dengan tegas menyebutkan desa-desa yang bermasalah sekaligus meminta adanya pemaparan serta penjelasan dari Kepala Desa maupun Pj. Kepala Desa. Dan pada saat itulah terungkap bahwa permasalahan pembayaran pajak rata-rata terjadi ditangan bendahara desa. 

"Maka saya meminta, agar kepala desa harus tegas meminta serta memerintahkan para bendahara desa agar segera menyetor pajak itu supaya tidak terjadi permasalahan di kemudian hari, " harapnya. 

"Pada dasarnya pemerintah Kota Gunungsitoli tidak pernah berkeinginan mempermasalahkan atau memenjarakan oknum-oknum yang bermasalah ini, sepanjang masih bertanggungjawab dan mau menuntaskan kelalaian terkait perpajakan ini. Dan jika nantinya tidak ada realisasi, maka kita juga tidak segan-segan melimpahkan masalah ini kepada pihak penegak hukum. Karena kita mau menyelamatkan uang negara," tuturnya. 

Berikut daftar nama-nama desa yang menerima apresiasi dari pemerintah Kota Gunungsitoli dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2022 dan percepatan pengelolaan keuangan desa tahun 2023 antara lain : 

1. Desa lolowonu nikootano Kecamatan Gunungsitoli 
2. Desa Gada Kecamatan Gunungsitoli Barat
3. Desa Orahili Tanose,o Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa
4. Desa Saewe Kecamatan Gunungsitoli 
5. Desa Hilimbawadesolo Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

Turut hadir dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, Sekda Kota Gunungsitoli, Oimonaha Waruwu, Kepala Dinas PMD, Kepala Desa dan Ketua BPD Se-Kota Gunungsitoli beserta tamu undangan lainnya. (Ferry Harefa). 

Iklan

Loading...
 border=