Terbaru

Doa Bersama Memperingati Peristiwa Gempa Bumi Pada 18 Tahun Yang Lalu Oleh Pemko Gunungsitoli


Gunungsitoli,- Sebagai rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-345 Tahun 2023, Pemerintah Kota Gunungsitoli melaksanakan doa bersama memperingati peristiwa Gempa Bumi yang terjadi 18 tahun lalu, tepatnya 28 Maret 2005  bertempat di Tugu Peringatan Gempa Kota Gunungsitoli, Selasa (28/03/2023). 

Dalam sambutan Wali Kota Gunungsitoli yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Oimonaha Waruwu menyampaiakan bahwa peristiwa gempa bumi yang terjadi 18 tahun yang lalu telah membuat masyarakat Nias sangat kehilangan, karena banyak keluarga menjadi korban peristiwa tersebut.  

“Barangkali banyak diantara kita yang merasakan gempa 18 tahun yang lalu. Saya sendiri merasakan bagaimana dasyatnya, bagaimana gempa itu membuat kita tidak bisa berdiri. Itulah kencangnya gempa saat itu. Kita menyaksikan bangunan pribadi, fasilitas umum, rumah ibadah dan sebagainya mengalami keruntuhan, didalamnya saudar-saudara kita tertimpa reruntuhan bangunan yang menyebabkan luka-luka hingga meninggal dunia.

Masih disampaikannya, bahwa melalui peringatan yang dilaksanakan setiap tahunnya, masyarakat Kota Gunungsitoli diharapkan bisa tetap semangat untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk melanjutkan pembangunan disegala bidang.

“Itu kejadian yang sangat luar biasa yang tidak pernah kita duga-duga, kita telah memperingati kejadian gempa ini berulang kali. Tahun lalu, diperingati atas inisitiaf para pemuda, tahun ini Panitia Hari Jadi Kota Gunungsitoli bersama unsur Pemuda juga melaksanakan peringatan. Yang kita harapkan kedepan, semangat ini bisa kita pelihara untuk melanjutkan pembangunan Kota Gunungsitoli ini,”ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Pelaksana Peringatan Hari Jadi yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tema’aro Telaumbanua, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan doa bersama tersebut adalah rangkaian dari kegiatan perayaan Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke -345. Doa bersama tersebut dilaksanakan untuk keselematan masyarakat Kota Gunungsitoli secara khusus dan secara umum untuk masyarakat se-Kepulauan Nias. (Red)

Iklan

Loading...
 border=