Terbaru

Kades di Kota Gunungsitoli Ini Raih Top 10 Favorit Publik Paralegal Justice Award 2023 di Jakarta


Jakarta,- Kepala Desa (Kades) Saewe, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Ferdinand Telaumbanua, S.Pd masuk dalam Top 10 Favorit Publik Paralegal Justice Award 2023.

Ferdinand Telaumbanua merupakan satu-satunya Kepala Desa dari Sumatera Utara yang masuk Top 10 PJA. Ia menerima penghargaan pada malam Anugerah Paralegal Justice Award, Kamis, 1 Juni 2023, di Hotel Discovery, Jakarta.

“Dengan adanya acara ini artinya peran serta Kepala Desa selama ini perlu diperhitungkan. Artinya sebagai pemimpin di daerahnya sekaligus juga sebagai tokoh adat dan tokoh masyarakat, bagaimana dia membawahi dan menyesuaikan masyarakatnya dengan kearifan lokal masing-masing, “ungkap Ferdinand seperti dilansir JPNIndonesia.com. 

Ferdinand menjelaskan bahwa Kepala Desa selama ini banyak menyelesaikan setiap kasus bahkan tidak sampai masuk ke pengadilan.

“Kami sangat berterimakasih atas apresiasi yang di berikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) ini, karena selama ini kami hanya di pandang sebelah mata saja. Jujur banyak kasus yang selama ini telah kami selesaikan di daerah kami, namun tidak ada penghargaan yang didapat,”ujarnya.

Ia juga berterimakasih karena bisa mewakili Sumatera Utara masuk di TKP 10 PJA.

"Program kedepannya kami akan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, terutama pemerintah daerah khususnya pemerintah Kota Gunungsitoli bahwa segala permasalahan yang ada di desa, karena yang namanya desa ini ada hubungan kekerabatan antara satu dan yang lain. Ada kearifan – kearifan lokal bagaimana menyelesaikan permasalahan yang ada tanpa melalui pemerintah atau pengadilan / kepolisian. Kecuali yang berhubungan dengan kriminal pembunuhan itu ranahnya kepolisian," ungkapnya.

"Sepanjang hal – hal seperti contohnya sengketa lahan atau permasalahan permasalahan kecil itu ditingkat desa akan kami selesaikan tidak perlu sampai ke pengadilan, dan itu akan kita laksanakan dan kuatkan kedepannya, “pungkasnya. (Red)

Sumber: JPNIndonesia.com

Iklan

Loading...
 border=