Terbaru

Pemko Gunungsitoli Dukung Kodim 0213/Nias Tanam Perdana Padi

Gunungsitoli ,-  Sebagai upaya pengembangan dan peningkatan kapasitas petani serta penguatan ketahanan pangan masyarakat Kota Gunungsitoli, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan Kodim 0213/Nias melaksanakan tanam perdana padi yang dipusatkan di Lahan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Desa Tetehosi Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Jumat (11/08/2023)

Kegiatan tanam padi dihadiri oleh Wali Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Kepala Bappelitbang Karya Bate’e, S.STP, MAP turut didampingi Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Parulian Malau,  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Darmawan Zagoto, SP, Camat Gunungsitoli Utara, Perwira Staf Makodim 0213/Nias, Danramil 01/Gunungsitoli, Plt. Danramil 06/Tuhemberua, Plt Kades Tetehosi Afia, Kades Telukbelukar, Babinsa, PPL, Poktan dan undangan lainnya.

Karya menyampaikan bahwa kegiatan peningkatan ketahanan pangan merupakan kegiatan program unggulan Pemko Gunungsitoli.

“Kita meyakini bahwa ketahanan pangan tidak lepas juga dari bagian pertahanan dan kami mengharaakan kegiatan ini dapat berkesinambungan. Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat Kota Gunungsitoli. Beras merupakan komoditas dominan penyumbang inflasi setiap tahun. Sehingga, Pemko menggratiskan Alsinta bantuan secara gratis bagi siapa saja yang akan mengolah lahan pertanian kepada masyarakat,” Ucapnya

Hal senada juga disampaikan Dandim 0213/Nias Letkol Inf Torang Parulian Malau, beliau menyampaikan banyak terimakasih atas dukungan dari Pemko Gunungsitoli, sehingga kerjasama revitalisasi lahan ini untuk peningkatan ketahanan pangan dapat terlaksana dan hingga saat ini kita bersama sama melaksanakan tanam perdana. 

“Mari kita seluruhnya untuk menghimbau masyarakat supaya aktif dalam meningkatkan pertaniannya dengan turut didampingi baik PPL maupun Babinsa dilapangan, sehingga hasil produksi pertanian kita meningkat dan petani juga dapat meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga,” singkatnya 

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Gunungsitoli Dermawan Zagoto, SP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerjasama dengan Kodim 0213/Nias, dimana dengan dukungan seperti ini dapat memotivasi petani khususnya di daerah ini dan secara umum di Kota Gunungsitoli sebagai salah satu upaya peningkatan produksi padi di wilayah Kota Gunungsitoli.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kota Gunungsitoli Radius Zega dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tanam perdana padi sebagai tindak lanjut program peningkatan ketahanan pangan dan pengembangan peningkatan kapasitas pertanian sebagai upaya penguatan ketahanan pangan masyarakat Kota Gunungsitoli yang bekerjasama dengan Kodim 0213/Nias.

“Inilah tindak lanjut pada saat kunjungan perdana Pak Dandim 0213/Nias bersama Kadis Pertanian Ketahanan Pangan Kota Gunungsitoli dan kami laporkan bahwa telah terlaksana pengolahan lahan di hamparan UPPO dengan luasan 0,5 ha baik alsintan di Dinas Pertanian serta bibit sehingga kita melaksanakan tanam perdana. Kami menyambut baik bahwa rangkaian kegiatan telah terlaksana dengan baik dengan adanya kolaborasi dari Kodim 0213/Nias bersama PPL BPPK Gunungsitoli Utara,” tutup Radius mengakhiri.

Iklan

Loading...
 border=