Terbaru

Perdana, Pemdes Saewe di Gunungsitoli Gelar Upacara HUT KemRI ke-78 Bersama Warga


Gunungsitoli,- Pemerintah Desa (Pemdes) Saewe, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli untuk pertama kalinya menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih bersama warga Desa. Upacara digelar di halaman balai pertemuan Desa Saewe, Kamis (17/08/2023) pagi.

Pj. Kepala Desa Saewe Verdinand M Telaumbanua menjadi Inspektur Upacara. Sementara Babinkantibmas dari Polres Nias, Bruptu Brams Zega menjadi Komandan Upacara. 

Tampak juga dilokasi, Perwira Upacara dilaksanakan personil Koramil O1 Gunungsitoli, sedangkan pengibar Sang Merah putih merupakan Anggota Purna Paskibraka Kota Gunungsitoli Tahun 2020 dan 2022 sedangkan yang menjadi Anggota Paduan Suara dari TP. PKK dan Karang Taruna Desa Saewe. 


Verdinand Telaumbanua kepada wartanias.com mengatakan bahwa pelaksanaan upacara peringatan HUT KEMRI di Pemerintah Desa Saewe Tahun 2023, merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh Pemdes Saewe sejak tahun 1945.

"Memang sebelumnya sudah berapa kali terbentuk Panitia HUT KEMRI di Wilayah Pemerintah Desa Saewe, tetapi kemasannya hanya berupa kegiatan hiburan bagi masyarakat atau hiburan rakyat. Tahun 2023 ini Pemerintah Desa Saewe tampil beda dan lebih fokus untuk melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023," jelasnya.

Ia mengatakan, tujuan pelaksanaan upacara peringatan HUT KemRI ke-78 itu untuk membangkitkan semangat kemerdekaan, cinta tanah air serta menumbuhkan jiwa patriotisme bagi seluruh masyarakat desa Saewe.


Tampak pada upacara itu, Wakil Ketua BPD Desa Saewe membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diawali dan diakhiri bunyi Sirene tanda kebesaran Buka dan Tanda Kebesaran Tutup.

Acara dilanjutkan Pengibaran Bendera Merah Putih dengan sempurna oleh Purna Paskibraka. Pj. Kepala Desa Saewe Verdinand M Telaumbanua juga tampak membacakan Teks Pancasila yang diikuti oleh Seluruh Peserta Upacara dan Pembacaan Naskah Pidato Presiden RI HUT KEMRI ke 78 Tahun 2023. 

"Kita merasa bangga kegiatan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 di Desa Saewe ini bisa berjalan dengan baik, saya melihat masyarakat sangat antusias dan harapan kami semoga kegiatan seperti ini tetap di pertahankan," ujar Yohanes Porkince Telaumbanua selaku Koordinator Seksi Acara/ kegiatan Panitia HUT KEMRI Ke-78 Desa Saewe sekaligus Wakil Ketua Karang Taruna Desa Saewe.

Di akhir acara ditutup dengan ramah Tamah sederhana antara Pemerintah Desa Saewe, Panitia HUT dengan Peserta Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun 2023 dengan Tema Terus Melaju untuk Indonesia. (Red/rls)


Iklan

Loading...
 border=