Terbaru

Berdayakan Kadernya, GAMKI Kota Gunungsitoli Lakukan Penanaman Jagung

Gunungsitoli, - Untuk memberdayakan kader dalam memanfaatkan potensi ekonomi, DPC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kota Gunungsitoli melakukan penanaman jagung di demplot jagung hibrida Dusun 5 Hilimbowo Desa Madula, Jumat(06/10/2023). 

Selain penanaman jagung juga dilaksanakan penyerahan bibit ternak babi kepada kader untuk dikembang biakkan yang nantinya akan kembali digulirkan kepada kader yang lain. 

Ketua DPC GAMKI Kota Gunungsitoli menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan program pemberdayaan kader dengan tujuan sebagai motivasi untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. 

" Kegiatan ini sekaligus sebagai aksi nyata kami sebagai angkatan muda kristen. Kami melihat ada potensi ekonomi dari kegiatan ini, "ujarnya.

Adapun jenis jagung yang ditanam adalah jagung hibrida. Karena saat ini di Kota Gunungsitoli telah ada usaha pembuatan makan ternak babi yang membutuhkan pasokan bahan berupa jagung. 

"Kegiatan pemberdayaan ini dan juga pembagian bibit ternak babi karena terkait tingkat kebutuhan pasar. Kami melihat tingginya tingkat konsumsi babi, tidak hanya konsumsi pribadi termasuk juga untuk keperluan kegiatan budaya. Sementara jagung dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pakan ternak babi. Dari informasi yang kita dapatkan usaha pembuatan pakan di Gunungsitoli selalu membutuhkan jagung untuk pembuatan pakan ternak babi,"jelasnya.

Masih disampaikannya, bahwa harga jagung juga sangat menjanjikan sementara produksi jagung di Kepulauan Nias belum banyak. Bahkan tidak mencukupi kebutuhan dari usaha pembuatan pakan ternak babi. 

"Ini peluang ekonomi bagi masyarakat, terutama bagi pemuda. Terutama bagi yang baru menyelesaikan pendidikan dan belum ada kegiatan tetap. Bisa mencoba dengan serius untuk menangkap peluang ekonomi ini,"ucapnya mengakhiri.

Iklan

Loading...
 border=