Terbaru

Majukan Kebudayaan Nias Barat Secara Berkelanjutan, MKBJ Gelar Diskusi Publik di Sirombu


Sirombu-, Lembaga Media Kreatif Bangsa Jakarta mengadakan Diskusi Publik di Aula RPJ Beach Desa Sirombu Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat dengan tema “Pengdokumentasian Objek Pemajuan Kebudayaan dan Warisan Budaya di Kabupaten Nias Barat sebagai Upaya Pemajuan Kebudayaan berkelanjutan di Sumatera Utara Tahun 2024”, Selasa 07 Mei 2024.

Diskusi yang dipandu oleh Yofie Novera ini menghadirkan narasumber Camat Sirombu Mesrawani Zalukhu, S.AP., Kepala Desa Sirombu Suharman Baeha, SKM., Tokoh adat Desa Boladano Beliamo Zebua dan Pemerhati Budaya Eliudi Zai, B.Th

Diskusi Publik ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Layanan Produksi Media Kategori Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro Atau Objek Pemajuan Kebudayaan Rawan Punah di Kabupaten Nias Barat.

Camat Sirombu, Mesrawani Zalukhu mengatakan secara umum Indonesia dan Kabupaten Nias Barat pada khususnya memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam, termasuk soal tradisi masyarakat setempat. Tradisi budaya tergolong sebagai warisan budaya tak benda atau Intangible Kultural yang bersifat tak bisa di pegang, seperti Pernikahan, Kelahiran, Pertumbuhan anak bahkan hingga Kematian.

 “Ada beberapa hal yang mendasar bahkan mendorong mengapa harus melestarikan Tradisi yang telah ada yakni : Sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap leluhur (Nenek Moyang), menghargai budaya, memelihara karakter asli masyarakat, memper’erat persaudaraan dan sebagai sumber pengetahuan dan hiburan,” kata Merawani

Ia mengatakan Adat istiadat terbagi dua yaitu tertulis tidak tertulis. Adapun yang tertulis misalnya, Peraturan Persekutuan Hukum Adat seperti Penataran Desa, Fondako dan Peraturan-Peraturan secara Agama. Sedangkan yang tidak tertulis, misalnya Pesta Pernikahan, Pesta  Selamatan, Pertumbuhan Anak, Famatua, Famatoro toi /TUHENORI dan Famatoro toi ndraono.

Selanjutnya Mesrwani berharap agar Lembaga Media Kreatif Bangsa Jakarta menjadi Lembaga yang konsisten dalam rangka mendukung program-program pemerintah dalam pemajuan kebudayaan dan mengucapkan terimakasih telah memilih kecamatan sirombu sebagai tempat Diskusi Publik. 

Sementara itu, Diskusi Publik yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) dan Dana Indonesiana dihadiri oleh peseta dari berbagai kalangan, diantaranya yaitu dari Perwakilan Pemerintah setempat, tokoh adat, aparatur desa, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Nias Barat. 

Iklan

Loading...
 border=