Terbaru

Dinas Pertanian di Sinyalir sembunyikan Data RDKK T.A. 2013

Krisman E. Farasi
Gunungsitoli - Dinas Pertanian Kota Gunungsitoli di sinyalir menyembunyikan data Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) Tahun Anggaran 2013.

Indikasi tersebut berdasarkan penelusuran wartanias.com hingga saat ini dimana oknum PNS yang berada di Kantor Dinas Pertanian Kota Gunungsitoli berinisial MR tidak dapat menunjukkan data RDKK Tahun Anggaran 2013 ketika dikonfirmasi, Selasa (25/3/2014).

"Sebenarnya dinas Pertanian hanya merekap data RDKK tersebut dari kecamatan lalu menyampaikannya ke Provinsi," Pungkas MR

Ironisnya, MR menambahkan bahwa sebenarnya data RDKK pada tahun 2013 masih ada, namun ianya berdalih data tersebut tercecer karena Kepala Bidang Pertanian di Dinas Pertanian Kota Gunungsitoli telah berganti dengan yang baru, terlebih alat penyimpanan juga rusak.

Sementara itu, berdasarkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan RDKK Tahun 2013, di jelaskan bahwa penyusunan RDKK tersebut di buat oleh Kelompok Tani dan di sampaikan ke pihak Kecamatan dan  
berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kota, dan seterusnya Pihak Dinas Pertanian Kota menyampaikan ke Dinas Pertanian Propinsi.

Ditempat terpisah, Sekretaris Korda GMNI Sumatera Utara Krisman Emanuel Farasi menanggapi bahwa seharusnya dinas pertanian menyimpan data tersebut, dan data RDKK tersebut seharusnya tidak dirahasiakan karena menyangkut kepentingan publik, dan sungguh sangat tidak masuk akal apabila dinas pertanian tidak tahu-menahu tentang jumlah RDKK tahun 2013 tersebut.

"Sangat ironis ketika pihak dinas pertanian kota Gunungsitoli menyatakan bahwa tidak memiliki data RDKK Tahun Anggaran 2013, apalagi ini sudah langsung bersentuh dengan kepentingan masyarakat, dan kejadian ini pantas di duga adanya "permainan"," tutur Krisman

Krisman menambahkan bahwa hal tersebut sudah jauh dari harapan pemerintah sesuai dengan UU Keterbukaan Informasi Publik dimana seharusnya informasi tersebut tidak perlu ditutup-tutupi, seraya berharap Walikota Gunungsitoli dapat mengevaluasi kinerja oknum PNS tersebut sehingga roda pemerintahan di Kota Gunungsitoli dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan visi misi walikota Gunungsitoli. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara