Terbaru

Pemda se Kepulauan Nias dapat Alokasi Formasi CPNS 2014

instansi di Sumut yang di alokasikan
formasi CPNS |
Sumber : menpan.go.id
Gunungsitoli – Pemerintah Daerah (Pemda) se-Kepulauan Nias mendapatkan alokasi Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2014. Hal itu dipublikasikan melalui website Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Selain kelima Pemda sekepulauan Nias antara lain, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara dan Kota Gunungsitoli dalam website tersebut sebanyak 26 Pemda di Sumatera Utara juga mendapatkan alokasi formasi.

Dikutip melalui website menpan.go.id, Menteri PANRB, Azwar Abubakar mengatakan bahwa penerimaan CPNS untuk tahun 2014 direncanakan akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Kita usahakan tahun ini, TKD 100% menggunakan CAT,” jelas Azwar Abubakar dalam Rakor dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta.

Untuk melaksanakan ujian CAT tersebut Kementrian PANRB akan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). BKN akan menyediakan 12 fasilitas CAT di BKN kantor pusat dan kantor regional sedangkan Kemendikbud menyiapkan fasilitas yang biasa dipakai untuk Uji Kompetensi Guru (UKG) sebanyak 2.232 laboratorium sekolah.

Jumlah formasi yang akan dibuka seluruh Indonesia ada sebanyak 100 ribu yang terdiri dari 65 ribu formasi CPNS dan 35 ribu formasi Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dari jumlah formasi tersebut akan ada sebanyak 5 persen formasi yang dapat dilamar oleh semua jurusan.

“Jumlahnya tidak banyak, maksimal lima persen dari formasi. Jangan sampai mereka bilang, lulusan ini kok tidak ada formasinya,” ucap Azwar Abubakar seperti dikutip dari menpan.go.id

Sementara untuk materi tes kompetensi dasar (TKD) terdiri dari 3 kelompok soal yaitu, kelompok pertama adalah Wawasan Kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI, kelompok kedua adalah Karakteristk Pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan untuk soal kelompok soal ketiga adalah intelegensia umum, yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis serta kemampuan berpikir analitis. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara