Terbaru

SBY Janji Bantu Pelaksanaan Sidang Raya PGI di Kepulauan Nias

Martinus saat diwawancarai wartawan | Foto: Andi.
Gunungsitoli - Dalam rangka menyukseskan sidang raya Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) ke XVI yang direncanakan akan dilaksanakan di Kepulauan Nias menelan biaya sebesar Rp. 9,5 Milyar.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Gunungsitoli sekaligus sebagai Ketua Panitia Umum Sidang Raya PGI ke XVI Martinus Lase kepada wartanias.com, Selasa (8/7/2014) di teras Gedung KNPI Kabupaten Nias Jl. Gomo No. 40 disela-sela kunjungannya ke beberapa TPS di Kelurahan Pasar Gunungsitoli.

Ianya mengatakan bahwa dana yang dipastikan akan ada sekitar Rp. 6,5 Milyar, dimana dana tersebut berasal dari bantuan Pemerintah provinsi Sumatera utara sebesar Rp.2,5 Miliar, dari pemerintah kota gunungsitoli Rp.2,5 Miliar dan Pemerintah kabupaten nias Rp.1,5 Miliar, sedangkan untuk kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara, ianya mengatakan bahwa masing-masing kabupaten tersebut menggunakan dana mereka di wilayah masing-masing untuk pra sidang raya.

Sementara untuk perkiraan kekurangan dana yang nilainya Rp. 3 Milyar tersebut, Martinus Lase mengatakan bahwa sudah meminta bantuan dana langsung dari Presiden SBY saat panitia sidang raya PGI bersama Ketua Umum PGI beserta jajaran majelis pimpinan harian PGI menemui SBY di Istana Negara pada Senin (7/7/14).

"Presiden menyanggupi untuk memberikan bantuan kepada kita, jumlahnya belum tahu, tapi kita disuruh buat proposal, yang jelas bapak Presiden berjanji akan memberikan bantuan", ujar Martinus

Lebih jauh Martinus berharap Pemerintah Pusat untuk membantu memfasilitasi dari sisi infrastruktur terutama infrstruktur transportasi dari Gunungsitoli ke Nias Barat, Gunungsitoli ke Nias Utara dan juga dari Gunungsitoli ke Nias Selatan.

"Kemarin bapak presiden sudah langsung mengirimkan tim nya untuk memonitor seperti apa kondisi infrastruktur kita, Presiden juga berjanji akan mengirimkan melalui menteri perhubungan kita dibantu sebanyak 20 unit Damri dan akan segera di kirimkan ke masing-masing kabupaten kota di Pulau Nias" ujarnya

Seperti di sampaikan Martinus Lase, tema yang diangkat dalam sidang raya PGI kali ini adalah Dari Samudra Raya Tuhan Mengangkat Kita. (Budi Gea)


 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara