Terbaru

Landasan Pacu Bandara Binaka Kurang 400 Meter Lagi

Landasan pacu bandara Binaka Gunungsitoli | Foto: Budi Gea
Binaka,- Bandara Binaka hingga saat ini masih kekurangan Landasan Pacu (Run Way) sepanjang 400 meter. Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Harian (PH) Kepala Bandara Binaka Maraheli Purba kepada Wartanias.com di ruang kerjanya, Kantor Bandara Binaka,Desa Binaka,Kecamatan Gunungsitoli Idanoi,Kota Gunungsitoli, Selasa (17/02/2015).

Menurutnya, landasan pacu yang digunakan untuk saat ini adalah hanya mencapai 1.800 meter dan hanya dapat digunakan oleh pesawat udara ATR 72-600 dengan kapasitas penumpang 70 orang.

"Saat ini Runway yang ada di bandara binaka hanya 1.800 meter dan perlu penambahan sekitar 400 meter lagi," ujarnya

Penambahan landasan pacu tersebut menurut M.Purba, supaya pesawat-pesawat jenis jet bombadir yang berkapasitas 90 penumpang dapat mendarat di Gunungsitoli. 

Ditambahkannya bahwa apabila pesawat jenis jet bombadir bisa mendarat di gunungsitoli, maka kedepannya bisa direncanakan pembukaan rute penerbangan jauh.

"Apabila pesawat jet bombadir dapat mendarat disini, maka kita akan bisa buka rute penerbangan jauh misalnya dari Nias ke Jakarta,"ungkapnya.

Pelaksana Harian Kepala Bandara Binaka M.Purba |Foto: Budi Gea
Pihak Bandara Binaka sangat mengharapkan partisipasi dan kerjasama dari pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kota Gunungsitoli dan pihak-pihak terkait untuk dapat mempertimbangkan penambahan landasan pacu tersebut.

"Kita sangat mengharapkan kerjasama dari pemerintah daerah supaya memfasilitasi penambahan landasan pacu tersebut dengan membebaskan lahan yang ada,"ujarnya.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, juga sangat mendukung penambahan landasan pacu Bandara Binaka tersebut. Wagubsu berharap agar Garuda Indonesia bisa meningkatkan jenis armadanya ke nias semisal CR1000 dan pesawat jet bombadir.

“Tentunya harus didukung dengan keberadaan bandara Binaka yang saat ini belum bisa dilandasi pesawat jenis itu. Perlu penambahan sekitar 400 meter lagi landasannya agar bisa didarati pesawat-pesawat itu” ucap Tengku seperti dikutip dari analisadaily.com.

Wagubsu memprediksikan, jika bandara Binaka bisa ditambah panjang landasannya mencapai sekira 2.200, maka akan mendongkrak potensi masyarakat di Kepulauan Nias dengan terbukanya transportasi lajur udara terutama sektor pariwisata yang luar biasa. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara