Terbaru

Targetkan Pembangunan Disemua Bidang, Pemkab Nias Laksanakan Musrenbang

Acara Musrenbang Kabupaten Nias 
Nias,- Untuk memulai tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) tahun 2016 mendatang, Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dengan tema "Kesinambungan Pembangunan Menuju Peningkatan Kemandirian Daerah Dan Keaejahteraan Rakyat" yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamolo Lot I, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Senin 16/03/2015).

Dalam arahannya, Bupati Nias menyampaikan bahwa penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan juga merupakan pelaksanaan amanat Permendagri 54 tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian,  dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

"Forum Musrenbang merupakan forum strategis yang nantinya diharapkan menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang rancangan RKPD Kabupaten Nias, sinkronisasi dan integrasi serta sinergitas antara Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja-SKPD), masyarakat dan pemangku kepentingan pembangunan dalam pencapaian secara komprehensif tujuan pembangunan Kabupaten Nias," ujar Sokhiatulo.

Adapun berbagai unsur pokok yang menjadi fokus RKPD Kabupaten Nias Tahun 2016 dengan tetap berorientasi pada pencapaian target kinerja RPJMD Kabupaten Nias seperti dipaparkan oleh Bupati Nias adalah sebagai berikut.

Pada Bidang Pendidikan, selain memprioritaskan keberlanjutan Millenium Development Goals (MDG’s) dan peningkatan APK dan APM pada seluruh jenjang pendidikan, peningkatan mutu juga perlu mendapat perhatian, khususnya pada pendidikan SMA/SMK. Target kinerja untuk pembangunan bengkel praktek dan laboratorium, peningkatan profesionalisme guru, penyediaan prasarana pendidikan dan pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi di perguruan tinggi negeri (umum non PNS) perlu diprioritaskan.

"Secara khusus pada tahun 2016, kita akan memprogramkan pembangunan Sekolah Unggulan, penanganan gedung-gedung sekolah yang sudah tidak layak (berlantai tanah, berdinding papan/tepas dan beratap rumbia) serta melakukan penuntasan pembangunan RKB dan ruang perpustakaan sekolah yang belum selesai pembangunannya pada tahun sebelumnya,"  Ujarnya.

Pada Bidang Kesehatan, memberikan perhatian khusus pada keberlanjutan MDGs, implementasi JAMKESDA, peningkatan kualitas pelayanan di puskesmas dan jaringannya, peningkatan puskesmas menjadi puskesmas rawat inap dan optimalisasi pemanfaatan Poskesdes yang sudah dibangun serta pengembangan sarana dan prasarana RSUD Gunungsitoli.

Dibidang Ekonomi, diharapkan ada penanganan yang serius dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian,perkebunan dan perikanan melalui pelaksanaan percontohan yang efektif, penyediaan sarana produksi yang terjangkau, penyuluhan, pemberdayaan kelompok tani, pembangunan irigasi dan pembinaan berkelanjutan. 

Sedangkan pada Bidang PenanggulanganKemiskinan, target kinerja penurunan jumlah penduduk miskin menjadi 16,32 persen pada tahun 2015 merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan oleh seluruh SKPD terkait. Pembangunan rumah tidak layak huni yang sudah dimulai pada tahun 2012 akan terus diperluas implementasinya.

Sementara dibidang Pemerintahan dan Aparatur, Bupati melihat sudah mulai menunjukkan pencapaian target kinerja yang mengalami peningkatan. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan prioritas penanganan oleh seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Nias yakni
Pengelolaan aset atau barang milik daerah yang baik, dengan target kinerja tersusunnya neraca daerah yang akuntabel sesuai dengan Permendagri 17 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Barang Daerah. Hal ini terkait dengan target kita untuk Opini terbaik atas hasil audit laporan keuangan daerah.
Peningkatan kapasitas aparatur melalui berbagai jenjang Diklat PIM, tugas belajar (S1, S2, S3, dan dokter spesialis). Serta perencanaan dan rekruitmen pegawai ditingkatkan kapasitasnya dilakukan secara transparan dan objektif. (MM)

 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara