Terbaru

Pasca Putusan MK, KPUD Nias Tetapkan Paslon 'Saro' Sebagai Bupati Dan Wakil Bupati Nias 2016 - 2021

Suasana rapat pleno KPUD Nias pada penetapan paslon terpilih | Foto: Budi Gea
Nias,- Sehari setelah dibacakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nias menetapkan Bupati dan Wakil Bupati Nias periode 2016 - 2021.

Penetapan tersebut dilaksanakan pada rapat pleno KPUD Nias, di Ruang Rapat Kantor KPUD Nias dengan penjagaan ketat dari aparat Kepolisian Polres Nias, Jum'at (22/01/2016).

"Pada hari ini, KPUD Nias menetapkan dan memutuskan pasangan calon terpilih peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias tahun 2015 yaitu Drs.Sokhiatulo,MM dan Arosokhi Waruwu,SH,MH," Ujar A.Ndraha saat membacakan hasil putusan rapat pleno.

Putusan tersebut dimuat dalam berita acara nomor: 02/BA/I/2016 tentang penetapan pasangan calon terpilih bupati dan wakil bupati nias periode 2016-2021 pada pemilihan tahun 2015.

Salah satu data yang digunakan oleh KPUD Nias dalam penetapan tersebut adalah putusan Mahkamah Konstistusi RI tanggal 21 Januari 2016 pada perkara nomor 52/PHP.BUP-XIV/2016.

Ketua KPUD Nias, Abineri Gulo kepada wartanias.com usai rapat pleno mengatakan bahwa hasil penetapan tersebut akan diterusksn kepada DPRD untuk merumuskan pengusulan pembuatan surat ketetapan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur.

"Jadi KPU hari ini akan menyampaikan langsung hasil penetapan ini kepada pimpinan DPRD selanjutnya untuk dibuat pengusulan peng SK an dan juga dalamm pelaksanaan pelantikan. Dimana pelantikan itu merupakan domainnnya pemerintah bersama DPRD," ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Nias terpilih, Arosokhi Waruwu kepada sejumlah wartawan mengaku merasa lega sebab proses pilkada telah usai dan berjalan dengan baik dan merasa bersyukur atas putusan tersebut.

"Kepada seluruh masyarakat, pilkada sudah usai, proses di MK juga sudah selesai, hari ini KPU telah menetapkan calon terpilih tentu dalam berdemokrasi perbedaan pendapat pasti ada, kami Paslon SARO memohon supaya kita bisa bersatu kembali dalam membangun Nias supaya lebih baik lagi kedepan," Pesan Arosokhi kepada masyarakat. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara