Terbaru

Pemkab Nias Salurkan Bantuan Ternak Sapi Kepada Masyarakat Senilai 1,4 Miliar

Pemerintah kabupaten Nias menyalurkan bantuan ternak Sapi kepada penerima Program Bio Energi terpadu dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi TA. 2015 senilai Rp.1.419.503.992 di Desa Saewahili Hilidulo, Kecamatan Idanogawo.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu di dampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Nias, Ingati Hura, Kepala BPMDK Kabupaten Nias Yulianus Zai, Camat Gido dan Camat Idanogawo, Jumat (22/01/2016).

Bantuan ini bertujuan untuk mewujudkan kemandirian energy dan ketahanan energy  bagi kelompok khususnya di desa-desa dan merupakan bagian utk  menterjemahkan NAWA CITA Kabinet Kerja khususnya  di dalam kerangka membangun mulai dari pinggiran yaitu khususnya desa-desa yang ada dipenjuru Indonesia.

Arosokhi Waruwu, dalam arahannyamengimbau kepada seluruh penerima manfaat yang terdiri dari14 kelompok agar benar-benar merawat dan memlihara ternak sapi dengan baik.

"Selain itu, supaya penerima dapat menyediakan pakan ternak dan mengembangbiakkan dan secara terpadu kotoran ternak dimanfaatkan dengan cara dikumpulkan dalam tabung reactor untuk dijadikan BIO GAS sebagai sumber energy terbarukan," ujarnya.

Wakil Bupati juga  berharap Kepada Dinas  Perindag ESDM Kabupaten Nias juga diharapkan dapat mendorong pemanfaatan dan pengembangan BIO ENERGI kepada masyarakat serta dapat memberdayakan kelompok penerima manfaat ternak sapi untuk dibentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang dapat dianggarkan dalam APBDES dan dikoordinasikan dengan kepala Desa.(MM)

 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara