Terbaru

Hampir 5 Bulan Usai Dioperasi, Usus Balita Ini Dibiarkan Terburai Keluar

Aslinda Lase di Puskesmas Fodo
Gunungsitoli,- Hampir lima bulan sejak oktober 2015 yang lalu, usus seorang bayi lima tahun (balita) berumur 10 bulan ini dibiarkan terburai keluar setelah sebelumnya di operasi di Rumah Sakit Umum Gunungsitoli.

Selain ususnya keluar, balita dengan nama Aslinda Lase itu juga diduga menderita gizi buruk. Kini balita malang tersebut dirawat seadanya di Puskesmas Perawatan Plus, Kecamatan Gunungsitoli Selatan.

"Sebelumnya kami telah membawa dia ke RSUD Gunungsitoli karena menderita penyakit Adresia Ani dan pihak dokter melakukan operasi," ujar Ibu Aslinda, warga tetehosi ombolata,Gunungsitoli, kepada sejumlah wartawan saat ditemui di puskesmas fodo, Rabu (03/02/2016).

Namun karena kekurangan biaya, operasi lanjutan Aslinda tidak dilakukan dan di pulangkan kerumah dengan kondisi usus keluar yang akhirnya menderita penyakit komplikasi.

Lanjutnya, dua minggu terakhir bekas operasi balita tersebut kembali terinfeksi akibat tidak terurus perawatannya hingga sang anak terpaksa dilarikan ke Puskesmas untuk menjalani perawatan secara insentif akibat menderita gizi buruk. Kini bobot tubuhnya mulai membaik 5,5 kilogram darisebelumnya 4 kilogram.

Hingga saat ini Aslinda tidak bisa dioperasi untuk mengembalikan ususnya seperti semula karena tidak adanya biaya. Terlebih operasi pengembalian usus tersebut harus di
lakukan di Kota Medan. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara