Terbaru

Listrik Tak Kunjung Nyala, Ratusan Massa Berdemo Di Gunungsitoli

Gunungsitoli,- Listrik yang tak kunjung nyala seminggu belakangan ini membuat masyarakat geram dan melakukan aksi demonstrasi hari ini di Kota Gunungsitoli, Jumat (08/04/2016).

Massa yang menamakan dirinya Aliansi Pijar Nias (Api-Nias) yang terdiri dari Mahasiswa, OKP,LSM, dan masyarakat umum tersebut awalnya melakukan pawai keliling pasar Kota Gunungsitoli menuju kantor cabang PLN Gunungsitoli.

Sebelum sampai dikantor PLN, massa sempat bersitegang dengan pihak pengamanan Polres Nias karena tidak diizinkan melakukan orasi di depan kantor PLN. Massa disarankan untuk melakukan orasi di lapangan merdeka Kota Gunungsitoli.

Para demonstran kemudian menuju Lapangan Merdeka dan melakukan orasi menuntut PLN agar menyalakan listrik dan bertanggungjawab atas pemadaman yang telah terjadi selama kurang lebih seminggu belakangan ini.

"Kami meminta kepada PLN Gunungsitoli untuk bertanggungjawab terhadap pemadaman ini, PLN juga harus mengganti seluruh kerugian masyarakat atas pemadaman yang terjadi," ujar salah seorang orator melalui pengeras suara.

Sekitar lima belas menit kemudian, Manager PLN Area Nias bersama Kapolres Nias, dan Dandim 0213 Nias menghampiri pengunjuk rasa di lapangan merdeka 

Manager PLN area Nias, Krisantus Menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya mengatasi krisis listrik di Nias ini dengan mendatangkan genset dari luar daerah Nias.

"Tidak hanya itu, PLN juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 25 MW dalam waktu dekat ini," ujar Krisantus.

Menunggu selesainya pembangunan tersebut, Krisantus mengatakan bahwa PLN akan mengirim 17 genset dari luar daerah.

Ia juga menjelaskan bahwa bukan pihak PLN yang melakukan Pemadaman namun pihak Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yakni perusahaan APR yang telah memutus kontrak secara sepihak dengan PLN.

Usai menyampaikan pendapatnya, para demonstran kemudian membubarkan diri dengan tertib. Aksi Demonstrasi tersebut mendapat pengawalan ketat dari ratusan aparat Kepolisian Resor Nias dan Anggota Kodim 0213 Nias. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara