Terbaru

Sowa'a Laoli: Pancasila Tetap Kokoh Sebagai Dasar Negara

Gunungsitoli,- Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli mengatakan berbagai upaya yang ingin mengganti pancasila sebagai dasar ideologi bangsa semuanya gagal, pancasila tetap kokoh menjadi dasar negara yang dapat mempersatukan NKRI menjadi negara yang utuh, berdaulat dan merdeka.

Hal itu dikatakan oleh Sowa'a dalam arahanya saat menggelar upacara bendera pada Peringatan hari lahirnya Pancasila tahun 2016 di halaman kantor Wali Kota Gunungsitoli, jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (01/06/2016).

Peringatan Hari Lahirnya Panacasia di Pemerintahan Kota Gunungsitoli itu mengangkat tema Konsistensi Pancasila Sejak Lahir Sampai Pada Masa Kini.

"Sejarah mencatat bahwa berbagai upaya yang ingin mengganti pancasila sebagai dasar ideologi bangsa semuanya gagal, pancasila tetap kokoh menjadi dasar negara yang dapat mempersatukan NKRI menjadi negara yang utuh, berdaulat dan merdeka," katanya.

Menurut dia, selama 71 tahun perjalanan bangsa Indonesia mulai dari orde lama, orde baru, era reformasi sampai awal pemerintahan presiden Jokowi – Jusuf Kalla, pancasila juga mengalami alur dialektikal peradaban sekaligus menguji ketangguhannya sebagai dasar filosofi bangsa Indonesia.

Sowa'a Juga mengatakan bahwa untuk membangun bangsa Indonesia sebagaimana dicanangkan oleh Presiden RI dengan program nawacita yang fokus pada pembangunan infrastruktur yang ditopang oleh revolusi mental maka Pemerintah Kota Gunungsitoli telah merancang visi untuk lima tahun masa pemerintahannya yaitu Terwujudnya Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing.

"Untuk mewujudkan visi dimaksud diperlukan kerja keras dan kerjasama semua pihak oleh sebab itu dengan semangat lahirnya pancasila marilah kita membangun Kota Gunungsitoli baik dari bidang infrastruktur maupun bidang moral, etika dan budaya dengan mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari," ucapnya.

Hadir pada upacara tersebut Asisten Wali Kota Gunungsitoli, Dandim 0213 Nias, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, para Kepala SKPD diantaranya, Kepala Kesbangpol Kota Gunungsitoli Sinema Gulo, Kepala BPM Drs. Arham Dusky Hia, Kadis Perhubungan, Kadis Kependudukan, personil TNI, Polri, Pemuda Pancasila dan Undangan lainya. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara