Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 26 Juli 2016

Sensus Ekonomi 2016: Jumlah Usaha Di Kota Gunungsitoli Mencapai 8.722

Pegawai BPS Kota Gunungsitoli sibuk mengentry data SE 2016
|Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Berdasarkan progres pelaksanaan lapangan petugas Sensus Ekonomi (SE) Tahun 2016, Jumlah pelaku usaha yang berada di Kota Gunungsitoli mencapai 8.722 usaha. Jumlah tesebut meningkat 14,46 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli, Rinaldi kepada wartanias.com di Kantornya, Jalan Sutomo no.1278, Lasara Bahili, Kota Gunungsitoli, Kamis (21/07/2016).

Jumlah tersebut menurut Rinaldi bisa meningkat tergantung masyarakat yang akan membuka usaha pasca Sensus Ekonomi dilaksanakan.

"Berdasarkan hasil Sensus Ekonomi yang dilaksanakan oleh Petugas kita, Jumlah Usaha  Di Kota Gunungsitoli mencapai 8.722 usaha. Jumlah tersebut meningkat 14,46 persen dari sensus sebelumnya,"ucapnya.

Hasil sensus ekonomi tahun 2006, jumlah usaha di Kota Gunungsitoli mencapai 7.620 usaha.

Untuk memperoleh potret yang utuh tentang perekonomian di Kota Gunungsitoli menurut Rinaldi, Setiap pelaku usaha maupun badan usaha telah didatangi petugas Sensus Ekonomi. Sensus Ekonomi 2016 tersebut telah diselenggarakan sejak 1 Mei sampai 31 Mei 2016.

Cakupan Sensus Ekonomi tahun 2016 tersebut di Kota Gunungsitoli tambahnya mencangkup Seluruh usaha atau perusahaan non pertanian yang meliputi lokasi tetap atau permanen seperti minimarket, kantor, pasar dan sebagainya dan Di lokasi tidak tetap seperti kaki lima, pasar kaget dan lainnya, Usaha keliling dan Di rumah tangga seperti warung.

"Pelaku usaha yang disensus antara lain Pemerintah, Lembaga nonprofit atau tempat ibadah, organisasi sosial, Korporasi atau perusahaan, restoran, supermarket, hotel dan Di rumah tangga seperti online, sektor nonformal,"ucapnya.

Hasil dari sensus ekonomi tersebut seterusnya akan dikirim oleh BPS Kota Gunungsitoli ke BPS Provinsi Sumatera Utara.

Dari data yang diperoleh oleh wartanias.com, di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi jumlah usaha mencapai 914 usaha, di Kecamatan Gunungsitoli Selatan 612 usaha, Kecamatan Gunungsitoli Barat 240, Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa 291, Kecamatan Gunungsitoli Utara 844 dan Kecamatan Gunungsitoli menacapai 5.821 Usaha. (Budi Gea)
Back To Top