Terbaru

Pemilu Mendatang Tidak Ada Lagi Pemilih Tambahan, Semua Akan Dicatat Di DPT

Ketua dan Komisioner KPU Gunungsitoli |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli melaksanakan berbagai upaya maksimal untuk menjamin hak konstitusi masyarakat melalui penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb1 dan DPTb2) dimana Calon pemilih dapat menggunakan hal pilih hanya dengan menunjukkan KTP, KK, Paspor dan Identitas lainnya pada saat hari pemungutan suara.

Untuk tahun 2016 ini, KPU Kota Gunungsitoli melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran daftar pemilih pada pemilu berikutnya.

"Program ini mewajibkan KPU Kota Gunungsitoli senantiasa secara berkala atau persemester membuat laporan updating data pemilih bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Kependudukan,"ucap Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Sòkhiatulò Harefa saat menggar jumpa pers di kantor KPU, Desa Dahana, Kota Gunungsitoli, Selasa (16/08/2016).

Menurut Sòkhiatulo, program data berkelanjutan tersebut akan mewujudkan data pemilih yang akuntabel dan falid sehingga pada pemilu berikutnya tidak akan ada lagi Daftar Pemilih Tambahan.

"Yang ada hanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena hampir dipastikan seluruh masyarakat yang memenuhi syarat telah dicatat dalam DPT,"ujarnya.

Ditambahkannya bahwa KPU Kota Gunungsitoli telah berhasil melakukan pengolahan data pada semester pertama tahun 2016 dengan hasil DPTb2 terverifikasi sebanyak 956 dan yang bisa diinput ke sidalih hanya 574 dan akan dilanjutkan pada semester kedua Tahun ini.

"Data pemilih berkelanjutan ini adalah pemilih yang berumur 17 tahun dan pemilih yang tidak menjadi TNi dan Polri serta pemilih yang meninggal dunia dan pindah ke Kabupaten Kota lain,"kata Sòkhiatulò.

Ketua KPU menghimbau kepada masyarakat Kota Gunungsitoli agar 
aktif melakukan pendataan dirinya terkait dengan kependudukanya melalui KTP elektronik. Ia berharap ada inisiatif masyarakat untuk mensukseskan program KPU tersebut demi terciptanya Pemilu yang berkualitas di Kota Gunungsitoli. (YL)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara