Terbaru

Petugas Temukan Hewan Kurban Mengandung Cacing Pita Di Gunungsitoli

Petugas melakukan pemeriksaan hati hewan kurban |Foto:Budi
Gunungsitoli,- Petugas Dinas Peternakan, Perikanan, Kelautan dan kehutanan Kota Gunungsitoli menemukan cacing hati dalam hewan kurban saat penyembelihan Sapi kurban dibeberapa lokasi di Kota Gunungsitoli, Senin (12/09/2016).

Pantauan wartanias.com, petugas dari dinas pertenakan Kota Gunungsitoli menemukan cacing pita dalam hewan kurban di dua lokasi yakni Masjid Jami' Ilir dan Masjid AL Hikmah Kota Gunungsitoli. Sekitar 10 hati hewan kurban terjangkit cacing pita yang ditemukan oleh petugas.

"Kami menemukan cacing pita di beberapa hati hewan yang disembelih di beberapa lokasi yang berada di kawasan kota Gunungsitoli yakni Masjid AL Hikmah dan Masjid Jami' Ilir ini," kata petugas dari dinas peternakan Kota Gunungsitoli, Azwar Ndraha ditemui di Masjid Jami' Ilir.

Terkait dengan temuan di lapangan tersebut, ia meminta pihak panitia penyembelihan hewan kurban memusnahkan hati yang megandung cacing hati dan tidak membagikan hati itu kepada masyarakat.

"Hati hewan kurban yang terkena cacing hati harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar atau dikubur ke dalam tanah. Biasanya penyebab adanya cacing pita didalam hati hewan kurban karena konsumsi makanan yang diberikan kepada hewan tidak terjamin kualitas dan kebersihannya," katanya.

Ditambahkannya, bahwa daging hewan kurban yang terkena penyakit cacing pita tersebut masih dikonsumsi oleh warga.

"Walau organ hatinya terkena cacing pita, dagingnya bisa kok dikonsumsi oleh warga. Yang penting hati yang ada cacing pitanya harus dimusnahkan,"tambah Azwar. (Red)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara